Rakuten Akan Akuisisi Pelanggan Softbank untuk Jualan Paket Internet Murah

SoftBank dalam prospektus jelang Initial Public Offering (IPO) menargetkan dapat menghimpun dana sebesar ¥ 2,4 triliun atau setara US$ 21 miliar.

Rakuten Akan Akuisisi Pelanggan Softbank untuk Jualan Paket Internet Murah
WOOTRADER
Ilustrasi 

Laporan Reporter Kontan, Maizal Walfajri 

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Jelang pendaftaran saham di pasar modal bulan depan, Unit telekomunikasi SoftBank Group Corp bakal menghadapi tantangan bisnis baru. Lantaran raksasa e-commerce Rakuten Inc. berencana masuk ke pasar telekomunikasi dengan tawaran data (internet) tak terbatas.

SoftBank dalam prospektus jelang Initial Public Offering (IPO) menargetkan dapat menghimpun dana sebesar ¥ 2,4 triliun atau setara US$ 21 miliar.

Berdasarkan survei Sanford C Bernstein & Co lebih dari 50% dari 1.018 pelanggan ponsel Jepang menyatakan bersedia beralih dari SoftBank dan operator nirkabel Jepang NTT Docomo Inc. dan KDDI Corp. Bila Rakuten memberikan penawaran paket data internet tanpa batas senilai ¥ 3.000 atau US$ 27 sebulan.

"Itu akan menjadi 17% diskon untuk pendapatan rata-rata industri saat ini per pengguna," tulis Chris Lane seorang analis di Bernstein dalam sebuah laporan seperti yang diberitakan Bloomberg.

Operator seluler Jepang sudah menghadapi tekanan dari pemerintah untuk mengurangi tagihan telepon. Sebagai tanggapan, Docomo telah mengumumkan rencana untuk menurunkan tarif hingga 40%.

Baca: Peneliti: Ditekan Pasar, Tata Niaga Beras yang Dijalankan Pemerintah Tak Adil Bagi Petani

Sementara itu, KDDI juga sudah memotong harga. Prospek perang harga dengan Rakuten sangat mengganggu SoftBank, yang akan menetapkan kisaran harga untuk penawaran umum Softbank pada hari Jumat.

"Harga indikatif operator sebesar ¥ 1.500 per saham tidak memperhitungkan dampak Dari peningkatan persaingan harga ini," tulis Lane.

Baca: Kemkominfo Blokir 385 Aplikasi dan Situs Web Fintech yang Dianggap Ilegal

Dampak dari persaingan ini ialah 74% pelanggan SoftBank akan berisiko beralih jika Rakuten menawarkan paket data tanpa batas ¥ 3.000, menurut survei Bernstein. Bahkan, bila Rakuten menawarkan ¥ 2.000 per bulan, maka risiko peralihan pelanggan naik menjadi sekitar 90%.

Di Jepang, harga data adalah faktor paling penting bagi pelanggan dalam memilih operator selulet. Diikuti oleh kecepatan data jaringan dan ketersediaan handset tertentu, menurut laporan ini.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved