Hadirkan Solusi Berbasis IoT Peruri Gandeng Telkomsel

Tahap emerging yang dimaksud adalah memasuki pasar new wave (digital) melalui kolaborasi yang erat dengan mitra, salah satunya dengan Telkomsel.

Hadirkan Solusi Berbasis IoT Peruri Gandeng Telkomsel
Istimewa
Vice President Corporate Account Management Telkomsel Primadi K Putra dan Head of Strategic Business Unit Digital Security PERURI Farah Fitria Rahmayati saat penandatanganan Nota Kesepahaman Layanan Digitalisasi Telkomsel myBusiness antara Telkomsel dengan Perum Peruri di Jakarta, Jumat (30/11). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Telkomsel menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Peruri) di GraPARI Telkom Group, Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Melalui kerjasama ini, Telkomsel akan menyediakan berbagai solusi digital kepada BUMN penyedia layanan pencetakan dan sistem keamanan tersebut yang meliputi Telkomsel FleetSight, transaksi digital TCASH dan LBA (location based advertising), serta solusi IoT (internet of things) yang dihadirkan untuk mendukung bisnis Digital Security Perum Peruri.

Vice President Corporate Account Management Telkomsel, Primadi K. Putra mengatakan, sebagai operator yang pertama menghadirkan layanan IoT di Indonesia, solusi-solusi bisnis berbasis IoT telah dipercaya dan semakin relevan dengan inisiatif transformasi digital bagi bisnis di berbagai sektor.

“Peruri yang telah mempercayakan layanan Telkomsel MyBusiness dan Telkomsel IoT sebagai solusi untuk membantu program digitalisasi perusahaan serta pengembangan bisnis Digital Security mereka. Kami harap solusi yang kami berikan dapat mendukung misi Peruri dalam menghasilkan produk yang semakin berkualitas dan bernilai sekuriti tinggi kebanggaan bangsa sekaligus memperkuat posisi perusahaan di bidang usaha integrated security printing and system,” ungkap Primadi dalam keterangan persnya.

Peruri sendiri merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dipercaya oleh Pemerintah Republik Indonesia untuk mencetak uang kertas dan uang logam Rupiah sejak 1971 serta dokumen penting negara lainnya seperti pita cukai, meterai, paspor, sertipikat tanah dan prangko.

Sejak 2016 Peruri telah berbenah untuk melakukan transformasi bisnis dan membentuk roadmap bisnis dari bisnis konvensional (security printing) menuju bisnis digital (security system) sesuai dengan perkembangan teknologi yang ada.

Jika melihat milestone Peruri, tahun ini Peruri berada pada tahap emerging yang artinya siap lepas landas setelah melewati dua tahun awal yang tidak mudah yaitu tahapan building foundation.

Tahap emerging yang dimaksud adalah memasuki pasar new wave (digital) melalui kolaborasi yang erat dengan mitra, salah satunya dengan Telkomsel.

Kepala Strategic Business Unit Digital Security Peruri, Farah Fitria Rahmayanti mengatakan, “Peruri memiliki posisi yang unik dan strategis sebagai Penjamin Keaslian suatu produk. Oleh karena itu, saat ini Peruri sedang melakukan Transformasi Bisnis Digital untuk lebih menguatkan perannya sebagai penjamin keaslian produk dari bisnis konvensional maupun bisnis digital. Dengan adanya sinergi ini, kami berharap solusi yang dimiliki Peruri seperti Track & Trace, Personalisasi dan Government Solution dapat disinergikan dengan teknologi yang dibawa oleh Telkomsel untuk menciptakan ekosistem digital yang dapat dimanfaatkan baik oleh regulator, industri dan masyarakat luas.”

Solusi IoT dan layanan Mobile Connectifity Telkomsel akan digunakan untuk mendukung layanan-layanan Digital Security Business Peruri yang berbasis aplikasi dan sistem seperti solusi Track & Trace. Selain itu, layanan lain seperti Government Solution dan Personalisasi tentunya akan menjadi layanan yang dapat disinergikan bersama.

“Sebagai operator yang berkomitmen untuk mendigitalisasi Indonesia melalui penerapan teknologi, Telkomsel telah menyiapkan layanan maupun solusi bisnis berbasis teknologi masa depan sehingga dapat mendukung terwujudnya kesiapan para pelaku bisnis di Indonesia. Hal ini sejalan dengan roadmap pemerintah Making Indonesia 4.0 menuju Revolusi Industri 4.0,” pungkas Primadi.

Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved