T3 dan T6: Seri Robot Epson Terbaru yang Cocok dengan Pabrik di Indonesia

Epson Indonesia kini memperkenalkan dua robot terbarunya yakni Epson T3 dan T6.

T3 dan T6: Seri Robot Epson Terbaru yang Cocok dengan Pabrik di Indonesia
TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda
Sesi tanya jawab pada peluncuran Epson T3 dan T6, di Holiday Inn Express Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/12/2018). 

Dikenal sebagai perusahaan yang menghasilkan printer dan proyektor berkualitas, Epson Indonesia kini memperkenalkan dua robot terbarunya yakni Epson T3 dan T6, di Holiday Inn Express JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/12/2018).

Kedua peluncuran robot tersebut semakin memperluas jajaran robot SCARA miliki EPSON, yang sudah tujuh tahun berturut-turut memimpin pasar global.

“Ini adalah visi terbaru dari kami. Walapun begitu, ini bukanlah hal baru untuk kami (EPSON) sebab sudah sejak lama pabrik kami full automatic. Kini kami mencoba menawarkan teknologi ini kepada masyarakat luas,” ujar Country Manager Epson Indonesia Shimizu Tomoya.

Robot EPSON T3.
Robot EPSON T3. (TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda)

Bila dibandingkan robot konvesional lainnya, T3 jauh lebih unggul sebab hanya membutuhkan ruang yang kecil dan penggunaan dayanya jauh lebih rendah 30 persen, serta mudah dirakit, yakni hanya dalam waktu kurang dari 5 menit saja.

Memiliki tampilan sederhana dan serbaguna, T3 juga tak membutuhkan baterai untuk penyimpanan data sehingga sangat ideal dalam pengaplikasian pick and place sederhana seperti perakitan, inspeksi, dan penempatan.

Robot EPSON T6.
Robot EPSON T6. (TRIBUNNEWS.COM/Firda Fitri Yanda)

Sedangkan T6 merupakan robot single axis berbiaya rendah yang hemat ruang, mengurangi waktu pengaturan, dan menimalkan downtime yang membuat pabrik rugi ratusan juta rupiah.

“Mampu meningkatkan produktivitas di lini perakitan pabrik, kami mengharapkan T6 dapat membantu pelanggan kami di Indonesia dan Asia Tenggara sehingga dapat meningkatkan produktifitas di sektor manufaktur,” ujara Shimizu Tomoya.

Keduanya pun tak memiliki perbedaan yang jauh. T3 yang dibanderol seharga 126juta mampu mengangkat beban maksimal 3 kg. Sedangkan T6  yang seharga 162juta mampu mengangkat beban maksimal 6 kg.

Diprediksi dapat bertahan selama tujuh tahun, T3 dan T6 yang memiliki garansi satu tahun ini akan hadir pada Januari 2019 karena masih langsung didatangkan dari Jepang. (*)

Penulis: Firdayanda
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved