Aplikasi

Hati-hati! Ada Aplikasi iPhone yang Diam-diam Rekam Aktivitas Kita Tanpa Izin

Pengguna iPhone akhir-akhir ini merasa khawatir akan keamanan yang memperlihatkan semua aktivitas mereka.

Hati-hati! Ada Aplikasi iPhone yang Diam-diam Rekam Aktivitas Kita Tanpa Izin
Pixabay
Hati-hati! Ada Aplikasi iPhone yang Diam-diam Rekam Aktivitas Kita Tanpa Izin 

TRIBUNNEWS.COM - Pengguna iPhone akhir-akhir ini merasa khawatir akan keamanan yang memperlihatkan semua aktivitas mereka.

Smartphone merupakan pusat kegiatan yang penting dan jadi pusat kegiatan utama harian kita.

Mulai dari chatting, media sosial, membayar tagihan, sampai berbelanja kebutuhan setiap hari dilakukan di perangkat mobile yang bisa digenggam dengan mudah ini.

Namun laporan mengenai ancaman keamanan terbaru menunjukkan bahwa beberapa apps di iPhone merekam apa yang ada di layar tanpa izin.

Apa artinya? Semua kegiatan yang kamu lakukan akan direkam ke dalam video atau screenshot, untuk kemudian dikirim ke server apps tersebut.

Menurut laporan yang didapatkan dari investigasi TechCrunch, ada apps di iPhone yang menggunakan jasa perusahaan analitis bernama Glassbox.

Perusahaan tersebut memberikan fitur yang merekam secara diam-diam kegiatan pengguna smartphone melalui proses merekam apa yang terjadi di layar pengguna.

Beberapa apps populer yang menggunakan jasa Glassbox antara lain adalah Hotels.com, Expedia, Abercrombie & Fitch, dan Air Canada.

Tidak hanya merekam kegiatan ketika pengguna menggunakan apps tertentu, ternyata ada pula screenshot yang memperlihatkan Glassbox mengambil gambar berisi nama akun dan password.

Baca: Aplikasi untuk bantu nelayan Indonesia ekspor komoditas laut hingga ke Amerika

Baca: Ribuan Konten Vulgar di 11 Aplikasi Diblokir Kominfo, Bigo Live dan Smule di Antaranya

Pelanggaran privasi tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan cyber bernama App Analyst, yaitu ada screenshot berbahaya yang diambil oleh apps Air Canada.

Halaman
12
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
Sumber: Nextren.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved