Android Kamu Hilang Dalam Keadaan Mati? Begini Cara Lacaknya, Dijamin Ketemu!

Beberapa orang pernah kehilangan ponsel dalam keadaan mati dan tidak bisa menemukannya.

Android Kamu Hilang Dalam Keadaan Mati? Begini Cara Lacaknya, Dijamin Ketemu!
AppSpy
Ilustrasi 

Di era digital sekarang ini, rasanya sehari saja tidak mungkin bepergian tanpa smartphone. Ditambah lagi ketika kamu kehilangan ponsel pasti akan membuat frustasi. Beberapa orang pernah kehilangan ponsel dalam keadaan mati dan tidak bisa menemukannya.

Mungkin kamu juga mengalami hal tersebut dan pasrah begitu saja. Untungnya, seiring perkembangan teknologi, kini kamu bisa melacak keberadaan smartphone meski dalam keadaan mati. Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut supaya ponsel kamu ketemu!

Lacak dengan nomor IMEI

Pertama, cobalah untuk melacak ponsel dengan memanfaatkan nomor IMEI. Yang perlu kamu lakukan adalah melakukan panggilan ke nomor dial *#06# untuk mengetahui nomor IMEI.

Kemudian, install aplikasi pelacak IMEI dan aktifkan notifikasi suara sehingga ketika ponsel hidup, google location mulai melacak keberadaan ponsel dan smartphone akan berdering ketika dihubungi. Sebaiknya hubungi nomor ketika sudah dekat agar ‘pembawa’ ponsel anda tidak curiga.

Gunakan Google Maps

mediamanfaat-12219-1

Kalau kamu tidak tahu nomor IMEI sebelum smartphone hilang, coba langkah kedua ini. Tapi, cara ini baru akan berhasil kalau kamu sudah mengaktifkan fitur Location History sebelum ponsel hilang.

Jadi, yang perlu kamu lakukan adalah menggunakan fitur di atas pada Google Maps. Karena biasanya smartphone sudah bersinergi dengan email, jadi semua informasi akan terekam dalam Google Maps. Fitur Location History sendiri merupakan fitur Google yang bisa memberitahu posisi terakhir seseorang ketika smartphone-nya terhubung dengan koneksi internet.

Pastikan sebelum ponsel kamu hilang, berikan izin akses Location History pada ponselmu!

Melalui device manager

Melacak ponsel yang hilang dalam keadaan mati bisa juga kamu lakukan melalui Android Device Manager. Langkah pertama kunjungi dulu situs resminya di sini. Lakukan registrasi dan daftarkan akun Gmail yang kalian punya, lalu pilih ‘Temukan perangkat saya’.

Secara otomatis, ketika ponsel kamu hidup posisi ponsel pun bisa kamu ketahui. Lakukan berulang kali hingga perangkat memberikan lokasi lebih rinci.

Ada begitu banyak data penting yang bisa orang lain temukan dalam ponsel kamu, sehingga selalu berhati-hati agar ponsel tidak mudah hilang. Kamu juga perlu wawasan yang luas mengenai dunia digital supaya tidak ketinggalan informasi yang berguna bagi gadget kamu.

Kunjungi Media Manfaat untuk selalu update dengan informasi-informasi menarik seputar dunia gadget!

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved