Samsung Dominasi Daftar Ponsel Beradiasi Rendah

Efek radiasi gelombang radio pada ponsel untuk kesehatan manusia memang masih belum diketahui pasti oleh para peneliti.

Samsung Dominasi Daftar Ponsel Beradiasi Rendah
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pengunjung mencoba fitur ponsel Samsung Galaxy Note9 di Samsung Galaxy Premium Studio, di Central Park Mall, Jakarta, Sabtu (1/9/2018). Samsung Galaxy Premium Studio merupakan kerjasama dengan Tiphone Mobile Indonesia yang memberikan konsumen kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai fitur-fitur terbaik gawai Samsung Galaxy Note9. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNNEWS.COM - Efek radiasi gelombang radio pada ponsel untuk kesehatan manusia memang masih belum diketahui pasti oleh para peneliti.

Tapi, bukan berarti radiasi ponsel tidak berdampak bagi kesehatan manusia, mengingat frekuensi penggunaannya yang tinggi.

German Federal Office for Radiation Protection (Bundesamt für Strahlenschutz), beberapa waktu lalu melakukan penelitian untuk menemukan emisi ponsel yang memiliki tingkat radiasi tinggi dan rendah.

Lantas, data tersebut disusun oleh firma marketing online, Statista yang membuat daftar urutan ponsel mana saja yang memiliki emisi radiasi tinggi dan rendah.

Dari hasil penelitian yang dilakukan, sebagian besar ponsel dengan radiasi rendah dimiliki oleh perangkat besutan Samsung.

Selebihnya, diisi oleh ponsel Motorola, ZTE, dan LG. Emisi radiasi paling rendah dinobatkan kepada Galaxy Note 8 yang memiliki tingkat penyerapan 0,17 watt per kilogram, ketika menempatkan ponsel langsung ke telinga tanpa aksesori perantara.

Hasil yang sama juga didapatkan oleh perangkat ZTE Axon Elite.

Dari 16 daftar ponsel dengan emisi rendah, separuhnya dihuni oleh Samsung. Selain Galaxy Note 8, mereka adalah Galaxy S8, Galaxy S8 Plus, Galaxy S7 Edge, Galaxy S9 Plus, Galaxy J6 Plus, Galaxy J4 Plus, dan Galaxy S8.

"Kenyataannya, perangkat Samsung memiliki fitur yang menonjol, di mana dari 10 teratas, setengahnya berasal dari perusahaan Korea Selatan (Samsung)," jelas jurnalis data, Martin Amstrong sebagaimana dirangkum dari Gizmo China, Selasa (12/2/2019).

Baca: Alasan Samsung Galaxy M20 Bukan Lagi Soulmate Powerbank

"Ini berbanding terbalik dengan pesaing utamanya, Apple. Dua iPhone menduduki jajaran ponsel dengan radiasi tinggi, sementara Samsung tidak ada dalam daftar tersebut," imbuhnya.

Dua perangkat iPhone yang dimaksud Amstrong adalah iPhone 7 yang memiliki tingkat radiasi 1,38 watt per kilogram dan iPhone 8 yang memiliki tingkat radiasi 1,32 watt per kilogram.

Di jajaran ponsel dengan emisi radiasi tinggi tersebut, kebanyakan dihuni oleh smartphone besutan OnePlus dan Xiaomi, di mana Mi A1 menjadi ponsel dengan radiasi paling tinggi.

Untuk diketahui, besar radiasi yang dikeluarkan sebuah smartphone diukur dengan unit yang dikenal sebagai Angka Absorpsi Spesifik atau SAR.

Menurut pedoman dari Komisi Internasional tentang Perlindungan Radiasi Non-Ionisasi (ICNIRP), batas aman angka SAR untuk perangkat seluler adalah maksimum 2 W/kg.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Daftar Ponsel dengan Radiasi Rendah, Samsung Dominan".

Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved