• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 23 Oktober 2014
Tribunnews.com

SBY pun Bilang Josss!

Selasa, 23 Agustus 2011 15:01 WIB
SBY pun Bilang Josss!
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Nasi Pecel Madiun Depot 99.

* Pecel Madiun Depot 99

"NASI Pecel 99 memang joss." Demikian dikatakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) usai menyantap nasi pecel Madiun di Depot Nasi Pecel Madiun 99, Jalan Cokroaminoto, Madiun, Jawa Timur, awal 2010 lalu.

"Rasanya betul-betul mengena," kata SBY.  Pujian yang dilontarkan SBY bukan sekadar basa-basi. Buktinya, hingga kini SBY terus berlangganan makanan dari depot yang dikelola pasangan Karyono dan Heri tersebut.

Bahkan saat berada tidak jauh dari Kota Madiun, SBY memboyong Karyono dan istri beserta kru Depot Pecel 99 ke acara yang tengah dihadiri. Bulan lalu, Karyono Cs diberangkatkan ke Yogyakarta, Jawa Tengah, untuk menyiapkan nasi pecel Madiun di acara wisuda taruna Akmil, AAU, AAL, dan Akpol, yang dihadiri SBY.

Karyono mengatakan SBY mulai menjadi langganannya sejak orang nomor satu di jajaran eksekutif itu datang ke depot yang mulai dirintisnya sejak 1987 tersebut. SBY datang bersama Ny Ani Yudhoyono pada 18 Januari 2010.
"Nggak sering sih, tapi  rutin. Biasanya ada yang datang untuk ngambil.
Jadi saya nggak tahu itu dibawa ke Istana atau ke rumah beliau," kata Karyono. Tak pelak kedatangan SBY menjadi kebanggaan tersendiri.

Apalagi ketika dia dan krunya diboyong ke Yogyakarta untuk turut menyajikan makanan di acara wisuda para taruna tiga angkatan dan Polri. Saat itu stan pecel Madiun  ramai dikunjungi.

Tentang resep rahasianya  sehingga membuat Presiden SBY tetap menjadi pelanggan setia, Karyono langsung rendah hati. Menurutnya, pecel Madiun yang disajikan Depot 99 serupa dengan pecel Madiun yang banyak dijajakan di Kota Madiun.

Hanya ada satu yang membedakannya. "Menemukan pertemuan yang pas antara gula dan garam. Istri saya yang paling tahu," katanya.

Pecel Madiun disajikan dengan nasi yang kemudian diberikan sejumlah sayuran,  lalu diguyur bumbu kacang. Sebagai makanan pendamping, Pecel Madiun juga bisa disantap dengan beberapa jenis makanan lain seperti telur, sate paru, dan yang lain.

Tidak ketinggalan, kerupuk gendar atau dikenal dengan kerupuk lempeng di Kota Madiun, melengkapi menu makanan tersebut.  Depot 99 tidak sekadar menyajikan pecel Madiun yang menjadi andalannya. Warung itu juga menyediakan bumbu pecel Madiun yang siap dibawa pulang.

Dibungkus plastik, bumbu pecel tersebut bisa tahan hingga tiga bulan jika disimpan di dalam kulkas atau mesin pendingin. Kalau pun tidak simpan di dalam kulkas, bumbu pecel madiun produksi Depot 99 bisa tahan selama kurang lebih satu bulan.

Bagi Anda yang ingin mampir ke Depot 99, tidak sulit untuk menemukan. Warung makan berlantai dua  itu berlokasi tidak jauh dari sebuah klenteng yang berada di pusat Kota Madiun.  Dari alun-alun Kota Madiun, Depot 99 hanya berjarak sekitar 1 km. (m ismunadi)

Penulis: M. Ismunadi
Editor: Prawira Maulana
1 KOMENTAR
152709 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • ahmad-Rabu, 11 Januari 2012 Laporkan
    Ya memang joss... Pak presiden aja bilang gitu. Seharusnya tidak mudah bagi seorang presiden bisa mampir dan menikmati nasi pecel madiun 99. Lha memang joss...
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas