Tour de Java

Tour de Java

Tak Khawatir Slip di Tikungan dengan Pajero Sport

SELAMA tujuh hari menyusuri rute mudik Idul Fitri 1432 Hijriah di Pulau Jawa, tim Tour De Java ditemani Pajero Sport Dakar 4X2 Hi-Power.

Tak Khawatir Slip di Tikungan dengan Pajero Sport
TRIBUNNEWS.COM/DANY PERMANA
Pajero Sport.

* Menyusuri Jalur Mudik dengan Pajero Sport

SELAMA tujuh hari menyusuri  rute mudik Idul Fitri 1432 Hijriah di Pulau Jawa, tim Tour De Java ditemani Pajero Sport Dakar 4X2 Hi-Power. Meski menggunakan mesin diesel, ketika duduk di kabin yang terkesan lapang, sama sekali tak terdengar deru mesin.

Saat dipacu, Pajero Sport tak kalah garang dengan kendaraan sejenis yang memanggul mesin bensin. Apalagi ketika melewati jalan tol, tak terasa jarum speedometer sudah menyentuh angka 140 km/jam. Dengan kecepatan itu, Pajero Sport masih nyaman, termasuk ketika menyalip kendaraan yang ada di depannya.

Awalnya tim Tour de Java  sempat ragu memacu Pajero Sport, mengingat  grounclearance atau jarak mobil dengan tanah. Kesan tinggi membuat Tour de Java khawatir Pajero Sport  oleng ketika melaju dengan kencang di tikungan.

Namun kekhawatiran itu ibarat jauh panggang dari api. Sejumlah tikungan tajam di kawasan Cadas Pangeran, Jawa Barat, dilewati dengan nyaman dan aman. Padahal selain tikungan tajam, jalanan di kawasan Cadas Pangeran yang sedikit berpasir seiring perbaikan menyambut pemudik yang ingin merayakan Idul Fitri 1432 H.

Kondisi jalan sedikit bergelombang bukan hambatan bagi Pajero Sport untuk melaju dengan kecepatan 80 km/jam. Suspensi yang ditanamkan pada mobil yang dibanderol sekitar Rp 400 juta itu cukup andal mengatasi jalan bergelombang.

Di bagian depan, Pajero Sport mengunakan suspensi independent wishbone, coil spring dengan stabiliser. Sedangkan suspensi belakang berupa  3 link coil spring dan juga dengan stabiliser.
Dari sisi keamanan, Pajero Sport turut dilengkapi sistem pengereman andal.

Kualitas rem terbukti  ketika melewati jalan sedikit berpasir yang biasanya membuat ban slip. Penempatan air bag menambah jaminan keselamatan untuk pengemudi dan penumpang.
Untuk mengusir kebosanan, Pajero Sport memberi kemudahan bagi pengemudi mengatur dan memilih lagu atau chanel radio. Hanya dengan menekan tombol yang berada di kemudi, semua terasa begitu mudah tanpa mengganggu kosentrasi mengemudi.

Pajero Sport dilengkapi perangkat musik yang bisa memutar kaset, CD, MP3, dan radio. Jika masih merasa kurang puas dengan kualitas suara yang dihasilkan speaker standar, maka Anda bisa memberikan tambahan speaker luar. Hal itu bisa diwujudkan tanpa repot-repot karena telah tersedia kabel sambungan audio tambahan.

Desain kabin yang luas menjadi keunggulan lain dari Pajero Sport.  Bila membutuhkan bagasi ekstra, bisa dengan  mudah diwujudkan  Dua kursi di bagian belakang SUV yang normalnya bisa mengangkut tujuh penumpang itu bisa dilipat sehingga memberikan ruang bagasi cukup luas. (m ismunadi)

Penulis: M. Ismunadi
Editor: inject by pe77ow
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved