Wisata Lampung

Tapis, Kain Tenun Lampung Dengan Sulaman Emas, Inilah yang Membuat Harganya Jutaan Rupiah

Kain tenun khas Lampung itu berharga jutaan rupiah karena berlapis sulaman benang emas dengan tingkat kerumitan pembuatan yang butuh kesabaran.

Tapis, Kain Tenun Lampung Dengan Sulaman Emas, Inilah yang Membuat Harganya Jutaan Rupiah
Tribun Lampung/ Okta Kusuma Jatha
Koleksi kain tenun tapis di Ninda Art Shop, Jalan Jenderal Sudirman, Lampung (Tribun Lampung/ Okta Kusuma Jatha) 

Laporan Reporter Tribun Lampung, Heru Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Khasanah kain nusantara di Indonesia jelas amat kaya. Lampung pun boleh cukup berbangga karena memiliki tapis, sebuah kain tenun yang kemudian dipercantik dengan sulaman benang emas.

Sebuah produk budaya yang hanya dimiliki oleh Lampung.

Eksisnya tapis sebagai salah satu wastra milik Lampung, tidak boleh dilepaskan dari eksisnya budaya dan adat istiadat Lampung itu sendiri.

Memang benar, tapis di era modern kini dapat dijumpai dan dimiliki oleh masyarakat luas. Tersebarnya galeri dan toko oleh-oleh di Lampung yang sediakan tapis pun kian memasyarakatkan kain tersebut.


Harga kain tenun tapis Lampung bervariasi, tergantung ukuran, tingkat kesulitan pembuatan dan faktor usia. (Tribun Lampung/ Okta Kusuma Jatha)

Benar adanya jika kerajinan tapis pada zaman dulu lebih sebagai kebutuhan sosial sekelompok masyarakat pendukungnya untuk memenuhi kepentingan adat istiadat.

Misalnya untuk keperluan pemberian gelar adat, penyambutan tamu penting, upacara perkawinan, upacara adat mengangkat saudara (muari), dan lain-lain

Misal saja salah satu tradisi yang bisa diambil contoh dan menghidupi tapis di masyarakat adalah tradisi sesan di acara pernikahan Lampung.

Tapis selalu menjadi bagian dari barang serah-serahan yang dibawa calon mempelai.

Halaman
1234
Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved