Travel Tips

Tips Mengisi Liburan Sekolah Anak yang Mendidik dan Tak Banyak Menelan Biaya

Inilah tips mengisi liburan sekolah anak yang bermanfaat tanpa menelan biaya terlalu banyak.

Tips Mengisi Liburan Sekolah Anak yang Mendidik dan Tak Banyak Menelan Biaya
Tribun Jateng/ M. Syofri Kurniawan
Dua bocah memberi makan rusa di komplek wisata Pantai Marina, Kota Semarang. 

Laporan Wartawan Tribun Jateng, Dini Suciatiningrum

TRIBUNNEWS.COM - Mengisi libur sekolah tidak harus membutuhkan biaya mahal. Orangtua bisa menghidupkan situasi liburan yang menyenangkan sehingga anak bisa memperoleh pengalaman berharga selama liburan.

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang Bidang Psikologi Perkembangan, Dinie Ratri Desiningrum SPsi MSi mengatakan, liburan bagi anak sangat penting sebagai sarana cooling down seusai menghadapi ujian sekolah.

"Liburan juga menjadi momen pas bagi orangtua mendidik anak secara emosional juga membentuk karakter anak," jelas dia.


Khasmal Kadir (Ayah) dan Andi Hasriani (Ibu) mengajak buah hati Muhammad Kavindra (Anak) bepergian. Mereka tengah menunggu keberangkatan pesawat di Bandara Ahmad Yani Semarang (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

Menurut Dinie, dalam berlibur anak juga mendapat pembelajaran. Di antaranya, berdiskusi ke lokasi mana mereka ingin pergi serta apa saja yang harus dipersiapkan.

Berikut alternatif destinasi liburan yang mendidik namun tidak membutuhkan biaya mahal yang direkomendasikan Dinie:

1. Anak balita sampai usia kelas 3 SD biasanya suka hewan jadi tidak ada salahnya mengajak anak-anak ke kebun binatang. Bahkan, usia tersebut juga sudah bisa diarahkan ke tempat wisata yang bermanfaat semisal museum.

2. Jika keluarga suka rekreasi yang berbau alam, semisal pantai atau gunung, pilihlah tempat yang nyaman dan aman.

Sebaiknya, libatkan anak dalam menyiapkan beragam keperluan agar anak mempunyai tanggungjawab.

Anak bisa berpikir kreatif barang apa saja yang dia butuhkan sehingga mengetahui situasi tujuan wisata. Contohnya, bila pergi ke gunung, anak bisa tahu alat apa yang harus dibawa.

3. Bila tidak ada budget untuk liburan ke tempat wisata, orangtua jangan pasrah dan membiarkan anak mengisi liburan tanpa pengalaman.

Orangtua bisa menghidupkan suasana liburan yang menyenangkan di rumah, caranya, menciptakan satu konsep. Misalkan, mengajak anak menyulap barang bekas menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Meski aktivitas hanya menggunting dan mencari barang bekas, anak akan puas saat melihat barang hasil kerajinan dan bangga bila diminta bercerita di depan kelas atau teman-temannya seusai libur sekolah.

4. Wisata religi bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan sekaligus mendidik. Ajak mereka mengunjungi tempat ibadah atau pondok pesantren dan jelaskan apa yang bisa dipelajari anak dari tempat-tempat tersebut. (*)

Editor: Agung Budi Santoso
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved