10 Daerah Wisata di Indonesia yang Dipromosikan kepada Masyarakat Korea

Kemenpar melalui program promosi "Wonderful Indonesia" memperkenalkan 10 destinasi wisata Indonesia di Korea Selatan.

10 Daerah Wisata di Indonesia yang Dipromosikan kepada Masyarakat Korea
National Geographic
Menyaksikan matahari terbit dari puncak Gunung Bromo Jawa Timur. 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - Kementerian Pariwisata melalui program promosi "Wonderful Indonesia" memperkenalkan 10 destinasi wisata Indonesia di Korea Selatan.

"Kami memperkenalkan daerah-daerah ini kepada masyarakat Korea serta menampilkan tarian-tarian daerah," kata Wakil Direktur Misi Penjualan untuk Asia Pasifik Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jordi Paliama, di Seoul baru-baru ini.

Sepuluh daerah wisata yang dipromosikan oleh Kemenpar adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Tanjung Kelayang (Bangka Belitung), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Candi Borobudur(Jawa Tengah), Gunung Bromo dan Semeru (Jawa Timur).

Selain itu ada Pantai Mandalika (Nusa Tenggara Barat), Wakatobi (Sulawesi Tenggara), Labuan Bajo (Nusa Tenggara Timur) dan Pulau Morotai (Maluku Utara).


KOMPAS.COM/I MADE ASDHIANA - Sekolah Maritim Suku Bajo di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Jumat (8/8/2015). 

Menurut Jordi, 10 destinasi wisata ini akan dipecah ke dalam tiga sub bagian yaitu pariwisata golf, pariwisata pesiar, dan pariwisata menyelam.

Jordi menjelaskan, wisatawan dapat mengunjungi tempat-tempat wisata ini lewat tiga pusat wisata yakni Greater Jakarta (Jakarta Raya), Greater Batam (Batam Raya), dan Greater Bali (Bali Raya). 

Pemerintah menargetkan jumlah wisatawan Korea di atas 400.000 orang pada 2016.

Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 11 persen dari target tahun lalu sebesar 360.000 wisatawan.


KOMPAS/DWI AS SETIANINGSIH - Para penari caci mempersiapkan diri. 

"Jumlah ini belum terlalu besar karena Korea baru mulai pulih dari wabah MERS. Kami optimistis target ini tercapai karena tahun ini warga Korea Selatan mendapatkan pelayanan bebas visa ke Indonesia. KBRI di Seoul mengatakan setiap hari 300 orang mengajukan visa ke Indonesia," ujar Jordi.

Sementara itu, menurut Pendiri Busan Indonesia Center Kim Soo-Il, selama ini masyarakat Korea mengenal Indonesia karena pertumbuhan ekonomi di negara kepulauan terbesar di dunia tersebut di mana banyak perusahaan Korea Selatan yang membuka cabangnya.

"Namun dari segi budaya dan pariwisata, masih banyak warga kami yang buta akan potensi Indonesia," ujar Soo-Il.


KOMPAS IMAGES/FIKRIA HIDAYAT - Warga menyewakan jasa kuda untuk naik ke Gunung Bromo di Probolinggi, Jawa Timur, Minggu (13/11/2011). Gunung Bromo merupakan gunung api aktif yang ada di kaldera Tengger. Gunung ini menjadi tujuan wisatawan dalam maupun mancanegara. 

Oleh karena itu, upaya memperkenalkan tujuan wisata Indonesia, selain Bali, kepada masyarakat Korea Selatan terus digalakkan oleh Kemenpar melalui berbagai kegiatan yang antara lain adalah promosi langsung melalui program "Wonderful Indonesia".

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved