Wisata Yogyakarta

Gak Cuma Menyenangkan, Liburan di Taman Pintar Yogyakarta Mencerdaskan

Berkonsep Science Centre, Taman Pintar adalah sebuah wahana wisata yang juga merupakan pusat pembelajaran sains bagi semua umur.

Gak Cuma Menyenangkan, Liburan di Taman Pintar Yogyakarta Mencerdaskan
Tribun Jogja
Berkonsep Science Centre, Taman Pintar adalah sebuah wahana wisata yang juga merupakan pusat pembelajaran sains bagi semua umur. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Khaerur Reza

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Berkonsep Science Centre, Taman Pintar adalah sebuah wahana wisata yang juga merupakan pusat pembelajaran sains bagi semua umur.

Sehingga tempat ini sangat cocok menjadi alternatif wisata Anda dan keluarga saat berada di Yogyakarta.

"Secara umum, Taman Pintar menampilkan berbagai peraga pendidikan berbasis pada keilmuan eksakta dan kemajuan teknologi, seperti yang ditampilkan oleh science center lainnya di seluruh dunia. Yang berbeda, adalah sisipan nilai-nilai kearifan lokal yang cukup kental terlihat di sini," jelas Yosephine Carmelita, Analis Humas Taman Pintar Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Klaim tersebut memang terlihat begitu pengunjung menginjakkan kaki di halaman depan Taman Pintar, atau area publik yang dikenal sebagai Playground.

Di sini ada berbagai monumen penting seperti Gong Perdamaian Nusantara yang melambangkan persatuan seluruh daerah di Indonesia.

Ada pula Tapak Presiden Republik Indonesia yang menampilkan tapak tangan-kaki dan suara tokoh-tokoh Presiden Indonesia dari masa ke masa, mulai era Soeharto hingga Jokowi.

Tidak hanya monumen pengunjung juga dapat mencoba berbagai permainan dan kegiatan yang tersebar di area ini mulai wahana bahari, taman lalu lintas, juga kegiatan membatik, kreasi dan lukis gerabah di kampung kerajinan yang hasilnya bisa dibawa pulang sebagai cendera mata.

Dia menambahkan, walaupun menyasar usia anak sekolah sebagai pasar utama, namun Taman Pintar tetap menyediakan peraga pembelajaran bagi anak usia pra sekolah di Zona PAUD yang berada di area Playground.

Yang lain pengunjung juga bisa menyaksikan film mengenai terjadinya tata surya di Planetarium dengan proyektor digital serta film animasi dilengkapi efek khusus di Theater 4 Dimensi di Gedung Kotak lantai 3.

"Sebagian besar film yang ditampilkan di sini bertemakan kehidupan binatang dan berdurasi singkat yaitu 15 menit saja," tambah Yosephine.

Berada tepat di jantung kota Yogyakarta tepatnya Jl Panembahan Senopati Yogyakarta membuat lokasi Taman Pintar sangat mudah dijangkau.

Kawasan perbelanjaan Malioboro dan Pasar Beringhardjo bisa disambangi hanya dengan berjalan kaki 10 menit. (tribunjogja.com)

Editor: Anita K Wardhani
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved