Mudik 2017

7 Tips Berburu Tiket Kereta Api untuk Mudik secara Online

Tips tersebut berkaca dari pengalaman masyarakat dari penjualan tiket reguler sebelumnya tentang terjadinya antrean pembelian tiket via online.

7 Tips Berburu Tiket Kereta Api untuk Mudik secara Online
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas melayani calon penumpang yang membeli dan memesan tiket di loket tiket Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, Kota Bandung, Kamis (13/4/2017). PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi 2 Bandung menyediakan tiket kereta api tambahan Lebaran yang mulai dijual pada Minggu, 16 April 2017 melalui website KAI, aplikasi KAI Access, contact centre 121, pemesanan online melalui berbagai channel eksternal, dan di gerai-gerai minimarket yang telah bekerjasama dengan PT KAI. Tiket tambahan Lebaran tersebut untuk 40.700 tempat duduk keberangkatan 15 Juni sampai dengan 6 Juli 2017. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNNEWS.COM - Transportasi kereta api seringkali menjadi pilihan masyarakat untuk mudik saat Lebaran.

Hal itu lantaran faktor kenyamanan kereta api dan tak perlu terkena kemacetan.

Namun, ada kalanya calon pengguna kereta api untuk mudik kesulitan untuk mendapatkan tiket.

Apalagi saat ini PT Kereta Api Indonesiamembuka layanan pembelian tiket kereta api secara online.

Senior Hubungan Masyarakat (Humas) PT KAI, Soeprapto berbagi tips untuk berburu tiket kereta api saat Lebaran.

Menurutnya, tips tersebut berkaca dari pengalaman masyarakat dari penjualan tiket reguler sebelumnya tentang terjadinya antrean pembelian tiket via online.

Berikut tips yang bisa dicoba calon penumpang kereta api jika ingin berburu tiket Lebaran.

1. Usahakan agar koneksi internet stabil selama proses pencarian tiket.

2. Cari alternatif tanggal atau rute KA. Misalnya berangkat dari Bandung atau stasiun di kota lainnya.

3. Carilah alternatif tiket terusan. Misalnya jika ingin menuju Semarang, dapat memesan tiket dengan rute Stasiun Pasarsenen - Stasiun Tegal untuk kemudian meneruskan dengan KA rute Tegal - Semarang.

4. Mengakses tiket1.kereta-api.co.id, tiket2.kereta-api.co.id, dan tiket3.kereta-api.co.id.

5. Belilah tiket melalui channel eksternal seperti minimarket-minimarket maupun situs-situs penjualan yang telah bekerja sama dengan PT KAI.

6. Traffic akan sangat penuh pada menit-menit pertama tiket dirilis. Oleh karena itu, cobalah untuk melakukan pemesanan tiket pada jam 03.00-an.

Pada beberapa kasus, beberapa pelanggan berhasil memesan tiket pada menit-menit awal, namun tidak segera melakukan pembayaran maksimal tiga jam setelah pemesanan sehingga tiket hangus dan kembali available.

7. Cek berkala di situs penjualan atau contact center. Karena jika ada yang batal atau belum bayar setelah tiga jam maka tiket tersebut akan muncul kembali.

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help