Home »

Travel

»

News

Mudik Lebaran 2017

Mudik Lewat Jalan Tol Palembang-Indralaya di Lebaran Ini Masih Gratis

Ruas Jalan Tol Palindra Seksi I dari Palembang sampai Pemulutan dapat digunakan fungsional untuk dilalui pemudik.

Mudik Lewat Jalan Tol Palembang-Indralaya di Lebaran Ini Masih Gratis
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Gerbang Tol Palembang-Inderalaya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Para pemudik dari arah Palembang maupun dari arah Lampung di Idul Fitri tahun 2017 ini bisa memanfaatkan perjalanan melalui jalan tol Palembang-Indralaya atau Palindra secara gratis.

Tol sepanjang 22 KM itu baru bisa difungsikan sepanjang 12 Km saja di ruas Palembang-Pemulutan dan akan dibuka untuk arus mudik 10 hari menjelang Idul Fitri.

Panjang tol Palindra seksi satu yakni 8,5 KM. Seksi dua tol Palindra panjang sebesar 5 Km menghubungkan Pemulutan dengan KTM Rambutan.

Sedangkan seksi tiga menghubungkan antara Kota Terpadu Mandiri (KTM) Rambutan-Simpang Indralaya sepanjang 9,93KM, masih penyelesaian.

Menteri Basuki menegaskan, ruas Jalan Tol Palindra Seksi I dari Palembang sampai Pemulutan dapat digunakan fungsional untuk dilalui pemudik dan belum dikenakan tarif tol atau gratis.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, kesiapan tol Palindra digunakan untuk mudik,  ketika bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau progres pembangunan Jalan Tol Palindra Seksi I  ruas Palembang–Pemulutan yang merupakan salah satu bagian ruas Tol Trans Sumatera, Rabu (24/5/2017)

"Khusus untuk Tol Palindra, dengan panjang total 22 km, saat lebaran akan kami fungsikan sepanjang 12 Km dari Palembang. Pada November 2017 ditargetkan sudah beroperasi seluruhnya sampai ke Indralaya," ujar Menteri Basuki.

Sri Mulyani menambahkan bahwa Jalan Tol Palindra merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Aceh yang berada di sisi timur Pulau Sumatera sepanjang 2.800 Km.

Jalan tol ini memiliki tiga sirip untuk menghubungkan pusat kegiatan di sisi Barat dan Timur Pulau Sumatera, yakni Palembang - Bengkulu (dimana salah satunya adalah ruas Tol Palindra), Pekanbaru - Padang dan Medan - Parapat - Sibolga.

Selain Jalan Tol Palindra Seksi I, Menteri Basuki juga mengungkapkan, sejumlah ruas jalan tol Trans Sumatera yang akan fungsional pada Lebaran Juni 2017 adalah Jalan Tol Medan–Binjai Seksi 2 Helvetia–Semayang sepanjang 6,18 kilometer (km), dan Seksi 3 Semayang–Binjai sepanjang 4,28 km, dan Bakauheni-Terbanggi Besar Paket 2 (Sidomulyo-Kotabaru) Segmen Lematang-Kotabaru sepanjang 5,025 km.

Untuk ruas Tol Trans Sumatera lainnya yang akan selesai pembangunannya pada 2017 ini diantaranya, ruas Palembang-Indralaya 22 km, Bakauheni Terbanggi Besar Paket 1 (Bakauheni-Sidomulyo) Segmen Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni sepanjang 8,90 km dan  Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km. (Tribunsumsel/mat bodok/Agung/Retno/Ajri/Eko/Edison/ojie/wewet/joni/defri)

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Tribun Sumsel
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help