Wisata Edukasi

Tornado Fish, Fenomena Kawanan Ikan Berenang yang Membuat Takjub Para Peneliti

“Tornado Fish” ini berhasil diabadikan seorang fotografer dan peneliti kelautan bernama Octavio Aburto.

BizzInsight
Tornado Fish, Fenomena Kawanan Ikan Berenang yang Membuat Takjub Para Peneliti
Istimewa
Pertunjukan Tornado Fish pada Ocean Dream Samudra (ODS) Ancol, Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM – Pernah melihat atau mendengar tornado bawah laut? Jika belum, yang terlihat bisa jadi tidak seperti yang pernah kamu bayangkan.

Tornado bawah laut merupakan kumpulan ikan yang berenang secara berkelompok sehingga terbentuk layaknya sebuah ombak. Fenomena yang oleh para peneliti disebut “Tornado Fish” ini berhasil diabadikan seorang fotografer dan peneliti kelautan bernama Octavio Aburto.

Situs Wonderopolis.org menyebutkan, Octavio berhasil mengabadikan fenemona unik ini melalui gambar dan video yang diambilnya selama penelitian di Taman Nasional Cabo Pulmo, yang berada di laut Meksiko. Selama penelitiannya, Octavio menyaksikan perilaku unik ikan yang berenang cepat dan bersama-sama dalam kelompok besar.

Ikan tersebut menciptakan gerakan berputar-putar yang jika dilihat mirip seperti tornado. Lalu timbul pertanyaan, mengapa mereka berenang secara berkelompok?

Menurut peneliti, hal ini terjadi karena ikan yang berada dalam kelompok mampu menemukan makanan secara mudah.

Berenang secara berkelompok juga jauh lebih aman dari serangan predator bila dibandingkan jika mereka berenang sendirian. Namun sayangnya fenomena unik ini tak bisa dilihat oleh semua orang.

Itulah kenapa fenomena tornado fish tidak bisa ditemukan di semua perairan dan biasanya hanya muncul di lautan dalam. Tapi, Anda tak perlu berkecil hati. Anda perlu jauh-jauh ke laut untuk melihat fenomena tornado fish ini karena fenomena ini bisa dilihat di Taman Impian Ancol Jakarta, tepatnya di Ocean Dream Samudra Ancol (ODS).

Pertunjukan Tornado Fish di ODS menampilkan 30 ribu ekor milk fish yang berenang secara bergulung dan berputar seperti menyerupai angin tornado. Pada pertunjukan ini ditampilkan juga Mermaid dan penyelam profesional yang menampilkan tarian synchronized.

Agar lebih menarik dan seru, pertujukan Tornado Fish juga didukung musik yang bersemangat serta efek-efek cahaya yang spektakuler. Bagi kamu yang ingin melihat fenomena ini secara langsung, bisa menyimak pertunjukan Fish Tornado setiap weekdays pukul 10.45 WIB dan14.15 WIB.

Di weekend, pertunjukan Tornado Fish ini bisa disaksikan pukul 12.30 WIB, 14.30 WIB, dan 15.30 WIB.

Tapi ingat, jadwal pertunjukan ini dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Kamu juga tidak perlu khawatir tak kebagian tempat duduk, karena dalam sekali pertunjukan, Tornado Fish mampu menampung 1.500 penonton sekaligus.

Tunggu apa lagi? Lihat secara langsung pertunjukan Tornado Fish dan jangan sampai lewatkan fenomena yang menarik ini.

Penulis: Firda Fitri Yanda/Editor: Choirul Arifin

Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help