Karena si Ayah Merokok, Satu Keluarga Ini Diturunkan Paksa dari Kereta

"Kelihatannya (kemudian) diantar ke Stasiun Lempuyangan oleh warga. Saya tidak sempat menanyakan mengenai identitas mereka," ucapnya.

Karena si Ayah Merokok, Satu Keluarga Ini Diturunkan Paksa dari Kereta
net
Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Satu keluarga diturunkan dari kereta api Prambanan Ekspres (Prameks) tujuan stasiun Solo Balapan diStasiun Rewulu Bantul Yogyakarta, Jumat (4/8/2017), setelah si bapak tepergok merokok di toilet kereta.

Dari penelusuran Kompas.com di Stasiun Rewulu, Sedayu, Bantul, Selasa (8/8/2017), sejumlah pegawai membenarkan kejadian tersebut.

Baca: Sekali Kencan Sterling Habiskan Rp 52 Semalam, Tapi Masih Dibilang Pelit oleh Wanita Panggilan

Iwan, salah seorang satpam, mengakui hal tersebut. Saat itu, dirinya sedang bertugas menjaga pintu di stasiun. Seorang penumpang pria tepergok merokok di toilet oleh polsuska (polisi khusus kereta).

"Waktu itu yang turun tiga orang, bapak, ibu dan seorang balita," katanya ditemui di stasiun Rewulu.

Iwan tidak menjelaskan secara detail, namun dia sempat mengantarkan keluarga tersebut ke luar stasiun.

"Kelihatannya (kemudian) diantar ke Stasiun Lempuyangan oleh warga. Saya tidak sempat menanyakan mengenai identitas mereka," ucapnya.

"Penumpang itu sempat ngomong jika dulu merokok di kereta tidak apa-apa," imbuh dia.

Saat dihubungi melalui telepon, Kepala Stasiun Rewulu, Sutopo, yang sedang menjalani diklat di Bandung, Jawa Barat, membenarkan kejadian tersebut. Penumpang kereta api tersebut merupakan penumpang dari Stasiun Kutoarjo menuju Solo.

"Kebetulan saya ada di stasiun dan menerima informasi dari pengendali tentang pemberhentian kereta karena penumpang yang diketahui merokok (Stasiun Rewulu bukan pemberhentian kereta api)," katanya.

Dia mengatakan, kejadian tersebut karena penumpang melanggar peraturan di dalam kereta api yang memang tidak diperbolehkan merokok.

"Untuk data penumpangnya ada di stasiun," imbuh dia.

Ketentuan penumpang nomor 5 seperti tertulis di laman kereta-api.co.id menyebutkan, "Semua perjalanan kereta api adalah perjalanan bebas asap rokok, tidak diperkenankan merokok di seluruh rangkaian kereta api". Penumpang yang kedapatan merokok di atas kereta api, akan diturunkan pada kesempatan pertama.

Stasiun Rewulu berada tak jauh dari depo Pertamina. Stasiun ini memiliki beberapa lajur kereta ini tak ada loket dan ruang tunggu penumpang layaknya stasiun kereta.

Berita ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul: Ayah Tepergok Merokok, Satu Keluarga Diturunkan dari Kereta Api

Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help