Home »

Travel

»

News

Indonesia Promosi Borobudur Hingga ke Vatikan, Jadi Simbol Keberagaman dan Harmoni

10 bulan melalui proses pembangunan, akhirnya taman Borobudur (Borobudur Garden) resmi hadir di Museum Etnologi Vatikan (4/10/2017).

Indonesia Promosi Borobudur Hingga ke Vatikan, Jadi Simbol Keberagaman dan Harmoni
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Candi Borobudur yang terlihat dari Bukit Punthuk Setumbu di Kawasan Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/6/2016). Punthuk Setumbu merupakan tempat mengabadikan matahari terbit dengan latar belakang Candi Borobudur dan mulai terkenal setelah menjadi salah satu tempat syuting film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com,Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA-- Indonesia patut berbangga, setelah 10 bulan melalui proses pembangunan, akhirnya taman Borobudur (Borobudur Garden) resmi hadir di Museum Etnologi Vatikan (4/10/2017).

Peresmian dilakukan Presiden Kegubernuran Vatikan, Kardinal Giuseppe Bartello dan Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata Indonesia, I Gde Pitana.

Kardinal Bartello menyampaikan hadirnya Taman Borobudur di museum Vatikan menjadi gambaran nyata dari hubungan persahabatan antara Indonesia dan Takhta Suci Vatikan.

'Beauty unites us (Keindahan menyatukan kita). Itulah simbol dan arti filosofis dari kehadiran Taman Borobudur di Vatikan. Semoga dengan hadirnya taman ini, pengunjung dapat menikmati dan memahami lebih jauh arti keharmonisan dalam keberagaman' ujar Kardinal Bartello di keterangan resmi di Jakarta, Jumat (6/10/2017).

Turut menyaksikan peresmian Taman Borobudur yang dimeriahkan tarian Bali, sejumlah Duta Besar asing untuk Takhta Suci Vatikan, pejabat Vatikan, dan para biarawan-biarawati Italia dan Indonesia.

Baca: Polisi Sebut Baru Syahrini yang Ketahuan Di-endorse First Travel

Sementara itu, Direktur Museum Vatikan, Barbara Jatta, mengungkap hal senada.

"Borobudur Garden merupakan selebrasi persahabatan Indonesia dan Takhta Suci Vatikan. Ia berharap semoga melalui Taman Borobudur, pengunjung dapat melihat sedikit dari gambaran luas nilai-nilai harmoni dan keberagaman dari Wonderful Indonesia," ujar Barbara.

Dijelaskan oleh I Gde Pitana dalam pertemuan tersebut, pembangunan Taman Borobudur mulai digarap sejak tahun 2010 sebagai bentuk perwujudan hubungan kuat antar kedua negara.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help