Sepasang Panda Raksasa Siap Sapa Pengunjung Taman Safari Indonesia

Masa karantina Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina), panda raksasa dari Chengdu, Tiongkok, di Taman Safari Indonesia, Bogor, sudah selesai.

TRIBUNNEWS.COM - Masa karantina Cai Tao (jantan) dan Hu Chun (betina), panda raksasa dari Chengdu, Tiongkok, di Taman Safari Indonesia, Bogor, sudah selesai.

Kondisi kedua panda tersebut selama karantina sangat baik. Makanan dan suasananya cocok dengan tempat asalnya.

"Sudah ditimbang, cek darah, dan kesehatannya bagus," kata Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manansang, saat santap siang di Istana Panda Indonesia, seperti dilansir Kompas.com.

Taman Safari Indonesia mempertontonkan kedua panda raksasa kepada pengunjung dalam waktu dekat ini. Namun, tanggalnya belum pasti.

"Nantinya setiap hari masih dibatasi 200 orang kedatangan, dan flow-nya disiapkan karena ada beberapa yang harus ditaati wisatawan," kata Jansen.

Istana Panda Indonesia, kandang dua panda raksasa tersebut, menempati lahan tertinggi di Taman Safari Indonesia.

Lokasinya di tengah-tengah rimbunnya kawasan penyangga (buffer zone) Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut. Suhu harian rata-rata 15-24 derajat celcius.

Panda raksasa itu menempati dua kandang dengan lokasi indoor dan outdoor.

Di indoor, kandang keduanya berlapis kaca tebal agar dapat dilihat oleh wisatawan. Sedangkan kawasan kandang terbuka didesain dengan pepohonan alami, dan rumah kayu sebagai tempat mereka bermain.

Kawasan tersebut akan menjadi rumah bagi Cai Tao dan Hu Chun, selama kurang lebih 10 tahun ke depan, dalam periode breeding loan yang disepakati.

Anak panda yang dilahirkan oleh pasangan ini kelak akan dikembalikan dan menjadi milik peminjam, yaitu pemerintah Tiongkok.

Simak videonya di atas.(*)

Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help