Istana Panda di Taman Safari Indonesia

Sepasang panda raksasa bernama Cai Tao dan Hu Chun, yang menghuni Istana Panda Indonesia di Taman Safari Indonesia, siap terima kunjungan wisata.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR – Sepasang panda raksasa bernama Cai Tao dan Hu Chun, yang kini menghuni Istana Panda Indonesia di Taman Safari Indonesia, siap menerima kunjungan wisatawan November ini.

Lokasi yang ditempati dua panda tersebut berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan Iaut. Luasnya 5 ribu meter. Lingkungannya dirancang persis habitat alaminya di Tiongkok.

Udaranya sejuk, suasananya rimbun pepohonan. Suhu udara berkisar 15-24 derajat celcius.

Istana Panda Indonesia akan menjadi rumah bagi Cai Tao dan Hu Chun, selama kurang lebih 10 tahun ke depan dalam periode breeding loan yang disepakati.

Anak panda yang dilahirkan oleh pasangan ini kelak akan dikembalikan dan menjadi miiik peminjam, yaitu pemerintahan Tiongkok.

"Istana Panda Indonesia diharapkan menjadi simbol persahabatan, perdamaian, kolaborasi berkelanjutan, pengetahuan jangka panjang, dan masa depan cerah antara Indonesia dan Republik Rakyat Tiongkok," kata Direktur Taman Safari Indonesia Jansen Manansang kepada wartawan di lokasi, Kamis (2/11/2017).

Ia menyambut gembira selesainya program karantina yang telah berlangsung selama kurang lebih satu bulan tersebut.

"Taman Safari Indonesia bangga untuk bisa membuktikan kemahiran dan kepiawaian kami dalam merawat spesies penting di dunia, dari berbagai satwa endemik Indonesia yang telah ada dalam prestasi kami, dan sekarang mendapat kesempatan menjadi satu-satunya tempat di Indonesia untuk menjadi rumah bagi sepasang Giant Panda," katanya.

Menurutnya, capaian ini adalah salah satu level paling tinggi dalam dunia konservasi satwa di dunia.

"Komitmen kami untuk senantiasa mengedepankan kemajuan ilmu pengetahuan, usaha pelestarian dan penilitian satwa terpadu, serta menjadi destinasi pariwisata edukasi pilihan keluarga Indonesia maupun internasional, semakin mantap dengan hadirnya anggota keluarga baru Taman Safari Indonesia kami yaitu Cai Tao dan Hu Chun," katanya.(*)

Penulis: Wahyu Aji
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help