Kaleidoskop 2017: 10 Momen Terbaik Yang Ada di Kota Macao

Mengingat kembali tahun 2017, apa saja hal-hal menyenangkan yang terjadi di Macao?

Kaleidoskop 2017:  10 Momen Terbaik Yang Ada di Kota Macao

TRIBUNNEWS.COM – Tahun 2017 telah berakhir, namun banyak momen indah yang terus melekat di pikiran. Begitu pula bagi para turis yang berkunjung ke Macao.

Destinasi yang menarik ditambah dengan berbagai bentuk keragaman budaya, membuat Macao menjadi kota paling layak untuk dikunjungi tiap tahunnya. Mengingat kembali tahun 2017, apa saja hal-hal menyenangkan yang terjadi di Macao?

1. Jelajah kuliner Macao yang lezat

Macao telah menjadi magnet bagi para pecinta kuliner, dengan menawarkan kombinasi makanan budaya barat dan timur yang lezat dan orisinil.

Pada bulan November 2017, Macao terpilih sebagai UNESCO Creativity City of Gastronomy, yang memberikan berbagai peluang baru untuk mempromosikan keunikanan budaya Gastronomy Macao dan mengembangkan industri pariwisata yang berkesinambungan. Potret kuliner Macao yang lezat diantaranya:

African Chicken

African Chicken atau Galinha Ă  Africana adalah salah satu kuliner khas Macao yang sulit dimasak. Mengkombinasikan pimenta dari Portugal, kacang tanah dari Afrika, kelapa dari India dan rempah-rempah dari Cina.
African Chicken atau Galinha à Africana adalah salah satu kuliner khas Macao yang sulit dimasak. Mengkombinasikan pimenta dari Portugal, kacang tanah dari Afrika, kelapa dari India dan rempah-rempah dari Cina. (Cafe Litoral)

Shrimp Roe Noodles

Sajian mie kering dengan potongan wonton dan taburan telur udang di atasnya.
Sajian mie kering dengan potongan wonton dan taburan telur udang di atasnya. (Eatsomechoi.com)

Pork Chop Bun

Camilan Macao yang terkenal ini sejenis burger dengan isian daging babi yang sangat lembut dan menggugah selera.
Camilan Macao yang terkenal ini sejenis burger dengan isian daging babi yang sangat lembut dan menggugah selera. (Rebeccasaw.com)

Portuguese Egg Tart

Terbuat dari adonan renyah di bagian luar dan custard telur di dalam
Terbuat dari adonan renyah di bagian luar dan custard telur di dalam (Easyportugueserecipes.com)

Serradura

Serradura.
Serradura. (Angsarap)

2. Chinese New Year Celebrations

macao

Tahun Baru Imlek merupakan hari raya terpenting bagi orang Tionghoa. Tentunya setiap negara memiliki tradisi yang berbeda-beda dalam menyambut Tahun Baru Cina ini. Sama halnya dengan Macao.

Pada tanggal 28 Januari 2017 misalnya, perayaan untuk menyambut The Year of Roster dinikmati oleh para pengunjung. Perayaan ini dibuka di Ruins of St. Paul’s dengan pertunjukan Golden Dragon dan Dancing Lion yang diikuti oleh petasan yang dinyalakan di Senado Square.

macao

Yang unik adalah Golden Dragon sepanjang 238 meter berparade dari Ruins of St. Paul’s, Senado Square menuju jalan-jalan utama, ditemani dengan Young Lions.

Lai Si, ungkapan berkah Tahun Baru Imlek yang menjadi tradisi di Macao juga didistribusikan kepada para pengunjung, yang berisi 10 sen dan melambangkan keinginan yang baik.

Parade for Celebration of the Year of the Rooster

macao

Selain itu, juga ada festival yang hadir di Tahun Baru Imlek dengan tajuk “Parade for Celebration of the Year of the Rooster”, yang paling menjadi sorotan dan berlangsung pada 30 Januari.

Dengan serangkaian acara yang fantastis bagi para pengunjung dan penduduk lokal dengan menyajikan berbagai pertunjukan seperti, 14 Float parade beserta 688 penari yang ikut beratraksi di sepanjang jalan.

Mulai dari Sai Van Lake Square di depan Macao Tower hingga Avenida Dr. Sun Yat-Sen Peninsula Macao. Dengan pertunjukan kembang api yang menghidupkan kota di akhir parade.  

Tak lupa, bintang-bintang papan atas dari lokal dan luar negeri turut hadir mempersembahkan nyanyian.  

macao

Seluruh parade disiarkan langsung di dua stasiun TV lokal, serta 9 lokasi di Macao akan difasilitasi dengan layar agar orang-orang di sekitar kota dapat melihat langsung acara ini secara gratis.

3. Macao Arts Festival ke-28

macao

Festival seni yang disebut juga dengan The Macao Arts Festival ini menyajikan berbagai pertunjukan, seperti teater, tari, musik, sirkus, dan seni visual..

Di tahun 2017 sendiri, festival ini berlangsung pada bulan April sampai Mei dengan mengangkat tema “Heteropia”, yaitu mengenai ruang heterogen yang ada di dunia nyata dengan pesona artistik di dalamnya.

Kalau kamu penggemar seni teatrikal, di sana terdapat banyak pertunjukan menarik yang mampu menghipnotis penonton. Salah satu pementasan yang berhasil menjadi topik hangat media luar negeri adalah Letter to My Nephew.

Dipimpin oleh koreografer ternama Bill T. Jones, tarian yang dikombinasikan dengan instalasi visual ini mengangkat isu politik dan sosial yang menyentuh hati para pengunjung.

4. “Wushu Masters Challenge” ke-2

macao

Wushu Masters Challenge yang merupakan kombinasi pesona dari budaya Cina dan olahraga kembali hadir digelar pada tanggal 10 hingga 13 Agustus 2017 dengan serangkaian acara menarik yang menggabungkan unsur-unsur olahraga, pariwisata dan budaya sebagai salah satu event terbesar tahun ini di Macao.

Dengan mengumpulkan master Wushu terhebat di dunia, event yang berlangsung selama 4 hari ini  memberikan penampilan yang spektakuler dari Wushu Summer Carnival, CFK International Combat Challenge-Macau, Asian Dragon dan Lion Dance Championships ke-4.

macao

Selain itu juga pengunjung dapat menonton International Taolu Competition, Sanda Challenger Competition.

Sebagai acara penutupan ada parade Wushu, Lion and Dragon yang berlangsung di Senado Square menuju Ruins of St. Paul’s, the Old of Albergue of the Macao Holy House of Mercy.

Serta dilanjutkan dengan upacara penutupan di Tap Seac Square yang menampilkan 20 master Wushu dengan pertunjukan seni bela diri mereka dan penampilan para master Wushu mendapatkan banyak pujian dari warga dan pengunjung.

5. International Music Festival ke-31

macao

Sebuah acara tahunan besar yang diikuti oleh ratusan ribu orang pada bulan Oktober dan November ini mengumpulkan seniman papan atas dari seluruh dunia, mulai dari Italia, Afrika Selatan, Jerman, Rusia, Amerika Serikat, Austria, Portugal, Korea, Cina, Hongkong, hingga seniman lokal.

Mengangkat tema “Rising Stars”, festival musik yang ke-31 tersebut berhasil memukau para turis dengan operanya yang berjudul A Fragrant Dream.

macao

Mendapat pujian dari beberapa kritikus musik, opera ini menyajikan orkestra yang megah dengan cita rasa lokal yang menawan.

6. Suncity Group 64th Macau Grand Prix

macao

Bukan cuma festival, Macao juga punya banyak aktivitas seru, olahraga otomotif misalnya. Tahun ini, Macao Grand Prix sendiri sudah berlangsung untuk ke-64 kalinya, pada bulan November di sirkuit The Gaia Racecourse.

Perlu diingat pula bahwa sirkuit Guia yang berlokasi di wilayah tenggara semenanjung Makau ini masuk dalam deretan sirkuit paling menantang di dunia dengan panjang 6,2 km dan lebar lintasan yang paling sempit adalah 7 meter.

macao

Selain itu sirkuit Guia juga memiliki karakter dengan kombinasi lintasan panjang, fast straight dan tikungan tikungan yang tajam.

Daniel Ticktum, pemenang Suncity Group F3 Macau Grand Prix yang baru saja berumur 18 tahun berhasil menjadi sorotan publik karena keahliannya yang setara dengan pembalap senior lainnya.

7. Macao Galaxy Entertainment 36th International Marathon

macao

Layaknya di Jakarta, warga di Macao juga sering mengadakan lomba maraton.

Berlangsung pada awal Desember lalu,  Macao Galaxy Entertainment International Marathon terdiri dari 3 kategori lomba, yaitu lari jarak 42.195km, lari jarak 21.0975km, dan lari jarak 5.5km.

Meski arena lomba kecil, namun partisipan yang hadir mencapai 1.600 orang dan berasal dari berbagai negara. Maka, tak heran kalau maraton ini sudah diakui oleh dunia.

macao

8. The 2nd International Film Festival & Awards‧Macao (IFFAM) 2017

macao

Meski baru 2 tahun diselenggarakan, festival film Macao atau biasa disebut IFFAM (International Film Festival & Awards Macao) tak ingin main-main.

Festival ini berambisi menjadi setara dengan festival-festival kenamaan lainnya, dengan segala karpet merahnya, tamu-tamu internasional, kompetisi film, hingga pasar film.

macao

Pada tanggal 8-14 Desember lalu saja, IFFAM telah mengundang aktor Hollywood ternama Jeremy Renner yang menjadi Talent Ambassador sampai tokoh IP Man, Donnie Yen.

9. Macao Light Festival ke-3

macao

Setiap tahun, pagelaran 'Macao Light Festival' disambut meriah oleh pelancong karena festival ini membuat Macao seperti 'bermandikan' cahaya.

Mulai dari tanggal 3-31 Desember 2017, desain spektakuler di akhir tahun ini mengambil tema “Amor Macao”.

macao

Bermula di Ruins of St. Paul’s, St. Anthony’s Church, sampai St. Lazarus Church, indahnya pertunjukan lampu hias ini pun membuat pengunjung ber-selfie ria.

10. Macao International Parade ke-7

macaio

Awalnya, festival ini dinamakan Parade Latin karena pusat kota dan jalanan di Macao akan dipadati oleh ribuan orang berkostum Latin yang unik dan berwarna-warni. Tahun ini saja, ada sekitar ratusan pemuda yang berpartisipasi dalam parade ini.

Baru saja di tahun 2017 nama festival itu berganti, dengan harapan dapat membuat Macao dikenal luas oleh dunia.

Diiringi lagu-lagu dan tarian khas Macao, kemeriahan parade ini bermula di Ruins of St. Paul, yang akhirnya berujung di Sai Van Lake Square pada sore hari.

macao

Itulah momen-momen terbaik yang ada di Macao. Jika tertarik melihat semua festival dan mencicipi kuliner lezat yang ada di Macao, segera #ExperienceMacaoYourOwnStyle dengan Panorama JTB.

Kunjungi link berikut ini untuk informasi selengkapnya.

Editor: Advertorial
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help