Ingin Melihat Lumba-lumba di Alam Liar? Mari Berkunjung ke Teluk Kiluan

Ingin lihat lumba-lumba di laut lepas sambil menikmati pemandangan indah? Maka, Anda harus datang ke Teluk Kiluan di Lampung. Di sana, terdapat puluha

TRIBUNNEWS.COM, LAMPUNG - Ingin lihat lumba-lumba di laut lepas sambil menikmati pemandangan indah? Maka, Anda harus datang ke Teluk Kiluan di Lampung. Di sana, terdapat puluhan hingga ratusan lumba-lumba hidung botol yang melintas setiap hari. Bila beruntung, ikan paus juga bisa terlihat.

Teluk Kiluan adalah objek wisata pantai yang terletak di Pekon (Desa) Kiluan Negeri, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung, dengan potensi wisata bahari yang terkenal dengan banyaknya lumba-lumba dan ikan paus.

Teluk Kiluan juga terkenal dengan keindahan alam dan surga bagi para pemancing handal. Pasalnya, setiap tahun di sana diadakan lomba memancing yang diikuti oleh para pemancing handal di seluruh Indonesia.

Baca: Geng Bandit Spesialis Rumsong Ini Kena Batunya Saat Bersembunyi di Duren Sawit

Di Teluk Kiluan para wisatawan bisa menyaksikan lumba-lumba yang biasanya mengiring kapal perahu turis. Wisatawan dapat melihat kumpulan lumba-lumba yang jumlahnya ratusan ekor.

Teluk Kiluan menjadi jalur migrasi dari dua jenis lumba-lumba, yaitu lumba-lumba hidung botol (Tursiops Truncatus) dengan badan lebih besar dan berwarna abu-abu, serta lumba-lumba Paruh Panjang (Stenella Longirostris) yang bertubuh lebih kecil.

Kedua jenis lumba-lumba itu cukup akrab dengan manusia. Lumba-lumba senang mendekati perahu atau kapal yang tengah melintas di laut. Lumba-lumba sebaiknya dilihat pada pagi hari pukul 06.00

Di Teluk Kiluan juga terdapat destinasi wisata lainnya, yaitu Laguna Gayau atau kolam renang alami yang terletak di balik bukit Teluk Kiluan. Untuk sampai di spot Laguna Gayau, dibutuhkan waktu lebih kurang 30 menit karena letaknya berada tepat di belakang bukit Teluk Kiluan.

Baca: Mouse dari Material Kayu Ciptaan Mouse Engelbart Dijual Rp 270 Juta

Terdapat juga guide lokal yang memandu para wisatawan dan pengunjung yang baru pertama kali ke Teluk Kiluan dengan biaya Rp 50.000 untuk satu kali perjalanan bolak balik

Untuk masuk ke area laguna, wisatawan diwajibkan membeli tiket seharga Rp 5.000 per orang. Lalu, dalam perjalanan ke laguna, wisatawan dan pengunjung akan melewati pantai yang sangat indah karena dipenuhi dengan sebaran bebatuan besar. Mereka juga harus waspada dengan ombaknya yang cukup besar.

Setelah melewati pantai barulah wisatawan bisa melihat keindahan Laguna Gayau yang terbentuk oleh cekungan di tepi pantai dan dibatasi oleh dinding-dinding batu karang. Air di dalam laguna tersebut sangat jernih dan bersih dengan warna biru kehijauan. Kedalaman laguna berkisar 1-3 meter sehingga aman untuk berenang ataupun sekadar berendam didalamnya. (*)

Editor: Samuel Febrianto
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved