Nuansa Magis di Wisata Alam Suoh

Ia terbentuk dari letusan Gunung Ratu tahun 1933. Ada 4 danau berdekatan dan hanya dipisahkan oleh padang rumput (sabana) dan rawa.

TRIBUNNEWS.COM - Objek Wisata Alam Suoh yang eksotis nan magis berada di Kecamatan Suoh, Lampung Barat. Tepatnya di bagian tengah sebelah timur Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Ia terbentuk dari letusan Gunung Ratu tahun 1933. Ada 4 danau berdekatan dan hanya dipisahkan oleh padang rumput (sabana) dan rawa.

Masing-masing danau memiliki karakteristik berbeda sesuai namanya. Ada Danau Asam karena airnya terasa asam.

Kemudian, ada Danau Lebar karena luas. Sementara, Danau Minyak disebut demikian karena airnya seperti mengandung minyak.

Terakhir, yakni Danau Belibis. Sebab, kawasan itu terdapat habitat jenis-jenis burung air terutama belibis.

Lembah Suoh memiliki potensi gejala dan fenomena alam sumber panas bumi dan letupan-letupan lumpur panas yang dapat berpindah-pindah.

Kawasan ini dapat ditempuh melalui rute Bandar Lampung-Kotaagung-Wonosobo-Banding-Suoh. Jaraknya kurang lebih sejauh 148 kilometer.

Untuk ke lokasi bisa melalui dua jalur alternatif. Pertama, dari Liwa, Ibu Kota Lampung Barat, melalui Kecamatan Sekincau atau Kecamatan Batu Brak. Jarak tempuhnya 4 jam perjalanan.

Alternatif kedua, dari Kota Agung, Tanggamus, melalui wonosobo, Banding, dan tiba di Suoh. Jarak tempuh sekira 50 kilometer.(*)

Editor: Willem Jonata
Sumber: Tribun Lampung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved