Rano Karno: Ke Amsterdam Belum Afdal Jika Belum Susuri 'Canal Ring'

Kapasitas kapal bisa menampung lebih dari 50 orang. Biayanya 11 euro untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak 7 euro.

Laporan Wartawan Tribunnews.com dari Belanda, Willem Jonata

TRIBUNNEWS.COM, AMSTERDAM - Belanda adalan negara di Eropa yang terletak di dataran rendah. Bahkan beberapa wilayahnya berada di bawah permukaan laut. Satu di antaranya Amsterdam. Makanya kanal-kanal dibangun sejak raturan tahun silam, untuk mengatasi situasi tersebut dari ancaman banjir.

Kanal-kanal itu selanjutnya sampai sekarang difungsikan sebagai jalur transportasi utama di Amsterdam. Minggu (22/7/2018), tatkala berada di Central Amsterdam, rombongan pemain film Si Doel The Movie menikmati keliling kota menggunakan kapal menyusuri canal ring.

Kapasitas kapal bisa menampung lebih dari 50 orang. Biayanya 11 euro untuk orang dewasa. Sedangkan anak-anak 7 euro.

Saat ini Belanda sedang musim panas. Suhu udara mencapai 28 sampai lebih dari 30 derajat celsius. Lalu lintas kanal sangat ramai. Banyak warga setempat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman, menyusuri kanal menggunakan kapal atau perahu bermesin untuk ukuran moda transportasi yang lebih kecil. Ada juga perahu sepeda, di mana penumpangnya harus mengayuh untuk melaju di atas air.

Sebagian besar mereka mengenakan busana agak terbuka untuk menikmati hangatnya sengat matahari secara maksimal, yang hanya ada sekitar 30 hari saat musim panas selama rentang setahun.

Buat yang wanita biasanya pakai tanktop. Ada pula yang berbikini. Sementara lelakinya pakai kaus. Tapi tak sedikit yang bertelanjang dada.

Mereka menikmati berjemur di bawah terik matahari dalam suasana santai sambil minum jus dan bir dingin yang tersedia di perahunya. Omong-omong, di beberapa perahu tampak botol-botol vodka terlihat di atas meja.

Jangan heran jika di antara para penumpang perahu yang berpapasan dengan kapal yang ditumpangi rombongan pemain film Si Doel The Movie, menunjukkan sikap ramah. Mereka menyapa menggunakan lambaian tangan disertai senyuman. Itu sudah jadi kebiasaan.

Sekali tur, perjalanan menyusuri kanal menghabiskan waktu sekitar 1 jam. Pemandangan terbaik Kota Amsterdam bisa disaksikan dari kapal.

Halaman
12
Penulis: Willem Jonata
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help