Wadidaw

Gili Lawa Hangus, Pulau Sebayur Pun Jadi

Tak bisa ke Gili Lawa, terdapat tempat lain yang ternyata tak kalah bagus dan indah.

Gili Lawa Hangus, Pulau Sebayur Pun Jadi
Kompas.com
Kondisi Gili Lawa pasca kebakaran yang disebabkan oleh ulah wisatawan. 

Baru-baru ini Tribunnews.com berkesempatan untuk mengunjungi Pulau Komodo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tepatnya pada Minggu (5/8/2018) lalu, kami menggunakan jasa agen travel setempat, Longlasting Trip, untuk membantu menemukan destinasi-destinasi impian. Sayangnya, salah satu pulau andalan, Gili Lawa, hangus terbakar dan sementara ditutup untuk proses penyidikan. Seperti diketahui, penyebab kebakaran ini diduga kuat disebabkan oleh pengunjung pulau. 

Serentak tim Tribunnews.com merasa kecewa karena kehilangan kesempatan untuk menikmati indahnya 10 hektar lahan savanna ini.

Biasanya wisatawan mendaki hingga puncak pulau untuk melihat keindahan pemandangan pulau beserta laut. Tidak sekedar dipandang, wisatawan juga bisa mengabadikan foto, karena lokasinya disebut-sebut sebagai spot yang instagramable.

Untungnya, pemandu wisata kami yang juga adalah warga lokal Flores menunjuk pulau lain bernama Sebayur.

Indahnya Pulau Sebayur menjelang matahari terbit.
Indahnya Pulau Sebayur menjelang matahari terbit. (TRIBUNNEWS.COM/Dana Delani)

“Memang rumput Gili Lawa lebih tinggi tetapi Sebayur tidak kalah cantik,” ungkap Yoram, salah satu tour guide Longlasting Trip.

Kami pergi menjelang matahari terbit sehingga pemandangan Sebayur terasa semakin menakjubkan. Belum lagi pulau ini memiliki teras pemandangan laut yang sayang untuk dilewatkan.

Untuk mencapai ke sini, wisatawan harus mendaki sekitar 20 menit. Tergantung kecepatan dan stamina masing-masing. Jalur pendakian ini memang tidak terlalu sulit, namun ada beberapa spot yang curam.

Selama mendaki, wisatawan akan menyaksikan keindahan suasana sekitar. Saat itu belum musim hujan dan rerumputan di pulau warnanya tampak kuning kecokelatan, cantik juga untuk difoto.

Wisatawan mancanegara menikmati pemandangan laut dari atas bukit Sebayur.
Wisatawan mancanegara menikmati pemandangan laut dari atas bukit Sebayur. (TRIBUNNEWS.COM/Dana Delani)

“Aku hanya berharap kejadian seperti di Gili Lawa tidak terjadi di Sebayur atau pulau-pulau lainnya. Flores terlalu bagus untuk dirusak,” ungkap Dana, wisatawan asal Jakarta yang baru pertama kali datang ke NTT.

Mari kita jaga bersama kenyamanan dan ketertiban di sejumlah obyek wisata dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Jangan hanya karena keperluan foto, kita turut berkontribusi sebagai 'perusak alam'. 

wadidaw
Trekking di Pulau Sebayur tidak terlalu sulit, namun ada beberapa spot yang curam.

(*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help