Prof I Gde Pitana: Di Tangan Arief Yahya, Pariwisata Indonesia Semakin Maju

Sejak Kementerian Pariwisata dipimpin Arief Yahya, sektor pariwisata sangat menggeliat. Kemajuan terjadi di berbagai sektor dan juga diakui oleh para

Prof I Gde Pitana: Di Tangan Arief Yahya, Pariwisata Indonesia Semakin Maju
Istimewa
Prof I Gde Pitana. 

Sejak Kementerian Pariwisata dipimpin Arief Yahya, sektor pariwisata sangat menggeliat. Kemajuan terjadi di berbagai sektor dan juga diakui oleh para pelaku industri. Sejumlah terobosan penting dilakukan. Kehadiran Arief Yahya membuat laju pariwisata Indonesia semakin on the track.

Penilaian itu disampaikan oleh Tenaga Ahli Menteri Pariwisata Bidang Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata, I Gde Pitana. Sosok satu ini bukan orang sembarangan.

Pitana adalah orang sangat mengenal Kementerian Pariwisata dan lama berkarier di Gedung Sapta Pesona. Dia pernah menjabat sebagai Deputi Bidang Pemasaran Mancanegara dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata.

“Arief Yahya adalah sosok yang luar biasa. Beliau adalah ahli di bidang IT dan pemasaran. Beliau memberikan sentuhan baru dalam dunia pariwisata Indonesia. Dan di tangan Arief Yahya perubahan sektor pariwisata sangat terasa,” katanya

Dijelaskan Pitana, salah satu perbedaan yang paling terasa adalah semakin go digitalnya pariwisata Indonesia. Sebagai seorang yang mengetahui IT, Pitana menilai Arief Yahya membuat program go digital sudah dalam track.

“Sebagai bawahan dan lebih lama di Kementerian Pariwisata, saya sangat terpukau. Apalagi, hal itu dikombinasikan dengan strategi pemasaran yang juga jitu. Jargon-jargon simple yang dikeluarkan, menjadi strategi pemasaran yang menurut saya sangat ampuh untuk pemasaran dan promosi di mancanegara,” kata Pitana.

Pitana pun mengaku sebelumnya tidak pernah berpikir jika pengembangan dan promosi bisa menyentuh Google yang memiliki akses luas, atau memanfatkan TripAdvisor yang menjadi referensi banyak wisatawan.

“Tapi, Pak Menteri melakukan itu di pariwisata Indonesia. Hal yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya, saya sangat salut, karena kami tidak terfikir sampai situ," tuturnya.

Oleh karena itu, Pitana menilai apa yang dilakukan Arief Yahya saat ini sesuai dengan kebutuhan yang memang dibutuhkan pariwisata Indonesia. Pendekatan dan strateginya sangat tepat untuk kondisi pariwisata saat ini.

“Yang saya bicarakan pendekatan saat ini. Saat dimana dunia sudah semakin digital. Hal itu dimanfaatkan Pak Menteri. Bukan seperti pendekatan 20 tahun lalu. Pendekatan inilah yang paling baik dan saya merasa sangat menikmatinya dan cara itu sangat-sangat efektif. Karena kita semua tahu, wisatawan saat ini hampir lebih dari dari 70% berwisata menggunakan digital," katanya.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved