Pelari Kenya dan 150 Pelari Asing Tampil di Batam Trail Run 5K

Batam siap kembali memperkenalkan eksotismenya wisata mereka. Kali ini, event yang dipilih adalah Batam Trail Run 5K. peserta asal 3 negara sudah dipa

Pelari Kenya dan 150 Pelari Asing Tampil di Batam Trail Run 5K
Ist
Batam Trail Run 5K akan digelar Minggu (7/4), di Objek Wisata Tebing Langit, Jalan Ir Sutami Patam Lestari, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau. 

Batam siap kembali memperkenalkan eksotismenya wisata mereka. Kali ini, event yang dipilih adalah Batam Trail Run 5K. peserta asal 3 negara sudah dipastikan akan ambil bagian dalam event sport tourism ini. Batam Trail Run 5K akan digelar Minggu (7/4), di Objek Wisata Tebing Langit, Jalan Ir Sutami Patam Lestari, Sekupang, Batam, Kepulauan Riau.

Tiga negara yang akan ambil bagian dalam kegiatan ini adalah Malaysia, Singapura, dan Kenya. Batam Trail Run 5K mengangkat tema ‘Sport in Green Harmony’.

“Batam Trail Run 5K adalah event yang seksi. Jarak tempuh lomba kompetitif dan terbuka bagi siapapun. Track lari juga menawarkan view terbaik. Dengan komposisi lengkap seperti ini, wajar bila Batam Trail Run 5K menarik minat banyak pelari mancanegara,” ungkap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar, Rizki Handayani, Sabtu (6/4).

Hingga Jumat (5/4) malam, jumlah peserta mancanegara yang sudah dipastikan tampil adalah 130 orang. Batam Trail Run 5K menargetkan 1.000 orang dalam event ini.

“Kami optimistis Batam Trail Run 5K akan menarik banyak peserta. Mereka datang dari berbagai daerah di nusantara hingga mancanegara. Jumlahnya masih berpotensi bertambah, mengingat masih ada waktu 1 hari jelang start. Secara keseluruhan, Batam Trail Run 5K ini sangat menarik,” lanjut Rizki.

Pendaftaran Batam Trail Run 5K bisa dilakukan dengan datang langsung ke Tebing Langit, Sekupang. Alternatif pendaftaran melalui media sosial Facebook dengan akun Batamtrail Run. Bisa juga memakai Instagram pada akun @batamtrailrun. Calon peserta lomba juga bisa menghubungi nomor 082173111195, atas nama Aisyah. Nantinya para peserta wajib mengisi form pendaftaran yang sudah disediakan.

Untuk sebuah event internasional, biaya pendaftaran tidaklah mahal. Hanya sebesar Rp100 Ribu untuk kelas dewasa, lalu Rp60 Ribu bagi anak-anak. Biaya pendaftaran ini sudah termasuk asuransi bagi para peserta lari.

Asdep Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar, Dessy Ruhati mengatakan, penyelenggaraan Batam Trail Run 5K dikemas sangat menarik.

“Silahkan bergabung di Batam Trail Run 5K. Proses pendaftarannya sangat mudah. Para wisatawan yang sudah berada di Batam untuk liburan bisa segera mendaftar. Lombanya baru digelar Minggu (7/4) besok. Yang jelas, kemasan Batam Trail Run 5K ini sangat menarik,” kata Dessy.

Batam Trail Run 5K menawarkan 2 kelas. Ada kelas dewasa dan anak-anak. Memberikan kenyamanan bagi para pelari, track lari kedua kelas akan dibedakan. Namun, start lari bersama-sama dan direncanakan pukul 08.00 WIB. Dessy kembali menjelaskan, Batam Trail Run 5K memberi space besar bagi peserta untuk menikmati lomba.

Track lari antara kelas dewasa dan anak-anak ini dipisah. Jadi, para peserta ini memiliki privasi lebih untuk menikmati perlombaan. Peserta dijamin puas, apalagi view sepanjang track lari memang sangat eksotis,” jelas Dessy.

Batam Trail Run 5K menyediakan total hadiah Rp77 Juta. Rincian bagi kelas dewasa, hadiah Rp10 Juta bagi juara, lalu posisi runner up diganjar Rp8 Juta. Posisi 3 mendapat hadiah Rp5 Juta dan urutan 4 dihargai Rp3 Juta. Untuk kategori anak-anak, status juara dihadiahi Rp4 Juta, runner up diganjar Rp3 Juta. Posisi 3 diberi hadiah Rp2 Juta, lalu Rp1 Juta diberikan bagi pelari strip 4.

Lebih menarik, pelari juga mendapatkan medali. Batam Trail Run 5K total menyediakan 100 medali. Dari jumlah itu, 70 medali akan dibagikan kepada peserta dewasa lalu sisanya diberikan kepada pelari anak-anak.

Kabid Pengembangan Pemasaran Area II Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional I Kemenpar Trindiana M Tikupasang memaparkan, Batam Trail Run 5K sangat kompetitif.

“Event ini sangat kompetitif. Komposisi pesertanya, track lari, hingga hadiah yang ditawarkan semuanya sangat menarik. Lebih lanjut, Batam Trail Run 5K juga menawarkan banyak kegembiraan. Bukan hanya peserta, dengan konten padat, pengunjung juga akan memadati venue lomba,” papar Trindiana.

Konten terbaik memang disiapkan Batam Trail Run 5K. Melengkapi adrenalin event-nya, ada juga Lomba Kicau Burung, Lomba Foto, hingga Lomba Mewarnai Anak-Anak. Ada juga Bazar Kuliner dan produk UKM yang menjadi unggulan Batam.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya mengungkapkan, Batam Trail Run 5K sebagai paket wisata lengkap.

“Pastikan Batam Trail Run 5K jadi destinasi liburan di akhir pekan ini. Sebab, ada banyak kemeriahan yang digelar di sini. Peserta dan para pengunjung pasti akan puas. Jadi, Batam Trail Run 5K ini jangan sampai terlewatkan. Selain atraksinya, aksesibilitas dan amenitas di Batam itu sangat luar biasa,” tutup Menpar. (*)

Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved