Gresik Punya Kuliner Ciamik Yang Bisa Didatangi Saat Musim Mudik

Gresik salah satu kota di Jawa Timur, dikenal dengan pabrik semennya. Namun, Gresik juga punya kuliner enak buat dinikmati. Untuk Anda yang mau menjal

Gresik Punya Kuliner Ciamik Yang Bisa Didatangi Saat Musim Mudik
Kemenpar
#PesonaMudik2019 

Gresik salah satu kota di Jawa Timur, dikenal dengan pabrik semennya. Namun, Gresik juga punya kuliner enak buat dinikmati. Untuk Anda yang mau menjalani #PesonaMudik2019, selayaknya mesti tahu kuliner nikmat dari kota ini.

Kuliner di Gresik beragam menunya. Mulai dari yang tradisional sampai yang disukai kaum milenial. Tentu ini membuat kuliner di Gresik jadi berwarna. Hal ini jelas membuat Anda yang gemar kuliner bisa memiliki banyak pilihan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, anak-anak muda mesti rajin mempromosikan kuliner di daerahnya, termasuk di Gresik.

“Promosikan destinasi-destinasi wisata kuliner yang ada di daerahnya masing-masing melalui program Millenial Tourism Corner,” ungkap Arief.

Arief lebih lanjut menjelaskan, portofolio bisnis pariwisata di Indonesia, 60 persen orang datang karena faktor budaya. Dari 60 persen itu, 45 persen uangnya digunakan untuk kuliner dan belanja. “Karena itu, mencicipi masakan Indonesia itu bisa menjadi teaser atau promosi pembuka sebelum mereka terbang ke Indonesia,” ujar Arief.

Biar lebih jelas, berikut ini 10 tempat kuliner paling ngetop di Gresik.

1.Nasi Krawu
Irisan daging sapi manis, srundeng kelapa, dan nasi sungguh lezat disantap saat perut minta digoda. Ya, itulah nasi krawu asal Gresik yang sudah dikenal di tingkat nasional.

Di Gresik ada banyak penjual nasi krawu. Salah satunya nasi krawu Bu Timan yang memadukan nasi, potongan daging, dan sambal terasi. Dijamin bakal bikin ketagihan. Di mana gerai Bu Timan? Adanya di jalan Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Dahanrejo, Kebomas, Gresik.

2. Sego Roomo
Sego Roomo berasal dari Desa Roomo, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. Banyak orang Gresik menyebutnya bubur Roomo. Tekstur yang lembut membuatnya mirip dengan bubur nasi.
Kudapan ini disajikan di atas wadah daun pisang. Lalu disiram dengan sayur, krupuk, dan diberi bubur berwarna kuning, Nah bubur berwarna kuning ini diberi nama roomo. Lalu, pada bagian atasnya diberi koya yang terbuat dari parutan kelapa goreng dan sambal. Rasanya ciamik, ada gurih dan pedasnya.

Salah satu penjual sego roomo adalah Mbah Waroh. Ia berjualan di ujung Kelurahan Karangpoh, Kabupaten Gresik.

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved