Blog Tribunners

TRIBUNNERS: Citizen Article

Tribunnews.com dan Bendera Tribun Network

PT Indopersda Prima Media, Divisi Koran Daerah Kompas Gramedia yang sekarang

PT Indopersda Prima Media, Divisi Koran Daerah Kompas Gramedia yang sekarang mengelola 14 koran, memasuki babak baru, 22 Maret 2010. Berkibar di daerah-daerah dengan koran cetak tapi tanpa koran induk di Jakarta, Persda --begitu PT ini sering disingkat-- justru membangun brand nasional melalui portal berita online, tribunnews.com.

Herman Darmo termasuk yang terlihat paling berbahagia hari itu. Direktur Kelompok (Dirkel) Koran Daerah Kompas Gramedia ini barusan pulang dari Jambi, mengawal penerbitan perdana Tribun Jambi, koran ke-14 di kelompok usaha ini serta koran dengan merek "Tribun" yang ke-9.

Di tangan Herman, Persda tumbuh pesat, bahkan menjadi salah divisi usaha dengan pertumbuhan bisnis terbaik di Kompas Gramedia. Sukses besarnya adalah mendirikan koran dengan konsep baru di Persda dengan bendera "Tribun".

Sukses pertama di Tribun Kaltim, lalu Tribun Timur, Tribun Jabar, Tribun Batam, Tribun Pekanbaru, lalu melebar ke Pontianak (Tribun Pontianak), melebar sayap ke Tribun Manado, masuk ke Tribun Lampung, dan sekarang di Jambi dengan Tribun Jambi. Tribun lainnya segera menyusul.

Melihat sukses merek "Tribun", Persda sekarang sedang bertransformasi merek nasional dari Persda Network dengan kesan daerah yang mencolok menjadi Tribun Network dengan warna nasional yang hendak dikibarkan. Tag line-nya: "The National's Local Newspaper."

"Hari ini kita akan soft launching tribunnews.com. Ini babak baru," kata Herman, karyawan Kompas yang memulai "karier" sebagai salah satu perintis di harian Surya, Surabaya.

"Kita masuk ke dunia online sementara kita tetap melihat pertumbuhan di koran cetak," katanya.

Portal berita tribunnews.com akan meramaikan persaingan portal berita nasional. Sebelumnya, Persda mengelola 14 situs berita online di masing-masing koran daerah, usaha yang dirintis dua tahun terakhir menyusul gebrakan induknya, Kompas, menjadikan kompas.com sebagai megaportal.

Portal berita koran-koran Persda memiliki daily visits sekitar 68.290 menurut www.sitelogr.com.

"Ini menempatkan kita dalam jajaran 15 portal berita terbesar di Indonesia bila daily visits koran-koran daerah itu digabung." Itulah yang saya katakan ketika mempresentasikan tribunnews.com bersama Achmad Subechi (Pimpro tribunnews.com/Pemimpin Redaksi Tribun Kaltim) di depan seluruh pimpinan perusahaan koran-koran Persda.

Hadir Pak Herman dan Pak Sentrijanto, Direktur Keuangan PT Indopersda.

Saya menggoda Pak Herman dan Pak Sentri: "Kita membangun koran cetak di daerah, tapi induk kita di Jakarta justru portal online. Kapan membangun koran cetak nasional?" Hadirin tertawa.

Untuk pertama kalinya sejak berdiri, Persda mulai serius menggarap bisnis online, bisnis yang diyakini menjadi masa depan bisnis informasi.

Kendati basisnya adalah informasi, domain di mana Persda memiliki kompetensi tinggi, bisnis online sama sekali baru bagi kelompok usaha ini.

Kompetensi baru dibutuhkan: how to deliver content dan paling penting, how to monetize online readers.

Tambahan satu lagi: Bagaimana menjadikan situs berita online sebagai penompang koran cetak, bukan sebaliknya. Bagaimana mendorong koran cetak dan online sebagai proses komplementeri (saling melengkapi), bukan substitusi (saling membunuh).

Menarik melihat apa yang akan terjadi dengan Persda mengingat kelompok usaha ini merupakan salah satu kelompok usaha koran terbesar di Indonesia yang mengelola koran dengan sekitar satu juta pembaca di 14 kota di Tanah Air.

Saya kira, dalam 5-10 tahun ke depan, Persda --yang kelak akan menjadi Tribun Network-- akan bergelut dengan dinamika mengasah tiga kompetensi utama yang baru tersebut.

Betatapun, selamat untuk kawan-kawan di tribunnews.com. Saya bangga menjadi salah satu bagian dalam proses ini. Selamat bekerja! (*)

Tulisan saya posting di blog dahlandahi.blogspot.com

Penulis: Dahlan Dahi
Editor: Achmad Subechi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved