Senin, 6 Juli 2015
Tribunners

Blog Tribunners

Apa dan Siapa "Raja Kebun" DL Sitorus

Rabu, 5 Mei 2010 08:21 WIB

Namun, tak banyak yang tahu siapa sebenarnya sosok Darianus Lungguk Sitorus dan bagaimana sepak terjang pria kelahiran daerah Parsambilan, Kecamatan Silaen, Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara, ini.

Bagi masyarakat suku Batak, sosok DL Sitorus dikenal sebagai sebagai pengusaha berpredikat "paling" sukses asal Sumatera Utara. Bisa jadi, selain karena harta kekayaannya yang bernilai puluhan, bahkan dikabarkan ratusan, triliunan rupiah, jiwa sosial DL Sitorus juga lebih mentereng dibandingkan perantau sukses lainnya asal Sumatera Utara.

Di setiap kedatangannya di Kabupaten Toba Samosir, Sumut, penduduk setempat selalu menyambut DL Sitorus bak "Tuan Takur". Hal yang wajar bila melihat sepak terjang DL Sitorus di kampung halamannya. Ratusan juta sewaktu-waktu digelontorkan untuk pembangunan di kabupaten hasil pemekaran tersebut. Tidak saja bantuan untuk pembangunan secara fisik atau infrastruktur, DL Sitorus juga dikenal sosok yang royal di dunia pendidikan. Tak segan-segan ia dan anak-anaknya memberikan sumbangan uang hingga ratusan juta kepada guru-guru honorer maupun pembangunan gedung-gedung sekolah. Ayah dari lima orang anak ini juga sering menyumbang ratusan juta untuk aksi-aksi sosial di Sumut, khususnya di Tobasa.

Bahkan, sebagai putra daerah yang paling sukses di perantauan (luar Sumut) dan selalu memberikan perhatian untuk membangun kampung halaman (Bona Pasogit), nama DL Sitorus diabadikan menjadi nama suatu jalan di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Bupati Toba Samosir, Sumatera Utara, Drs Monang Sitorus SH MBA meresmikan ruas jalan sepanjang 12 klm menjadi nama Jalan DR Sutan Raja DL Sitorus. Lokasi jalan tersebut, mulai dari simpang Sibisa di Aek Natolu, Kecamatan Lumban Julu, sampai simpang Kantor Kelurahan Parsaoran Ajibata, melintasi Sibisa, Bandara Sibisa, Simarata dan Motung Kecamatan Ajibata.

Kasus Register 40
Di dunia bisnis, DL Sitorus dikenal sebagai pengusaha minyak kelapa sawit. Konglomerat ini memiliki puluhan ribu hektare perkebunan sawit. Perkebunan sawit inilah yang membawa DL Sitorus ke hotel prodeo.

Kasus ini bermula saat perusahaa milik DL Sitorus, PT Torganda mengonversi 47.000 hektare hutan di Register 40 Padang Lawas, Kecamatan Simangambat, Sumut, menjadi perkebunan sawit. Perkebunan yang mempekerjakan lebih dari 15.000 karyawan itu ternyata berdiri di atas areal hutan lindung.

Halaman123
Penulis: Juang Naibaho
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas