Rabu, 26 November 2014
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Awas, AS dan Australia Sulut Konflik di Indonesia

Selasa, 15 Maret 2011 11:40 WIB

Awas, AS dan Australia Sulut Konflik di Indonesia
net
Wajah koran The Age edisi Jumat (11/3/2011)
TRIBUNNEWS.COM - Terkait kontroversi pemberitaan Yudhoyono Abused Power yang dilansir harian The Age, pada hari Jumat tanggal 11 Maret 2011 lalu, yang menyebutkan bahwa Presiden Yudhoyono telah menyalahgunakan kekuasaan dalam mempertahankan pemerintahannya.

 Di samping itu disebutkan, kalau Ibu Ani Yudhoyono telah menumpuk kekayaannya di saat suaminya sedang berkuasa. Sungguh berita yang menggegerkan seluruh bangsa Indonesia.
 
Menanggapi itu, pihak Istana Kepresidenan Republik Indonesia jelas tidak terima dengan isi pemberitaan yang hanya diambil begitu saja dari situs pembocor rahasia, WikiLeaks. Bahkan, disebutkan bahwa substansi dari pemberitaan tersebut tidak lebih dari gosip-gosip murahan. Tuduhan-tuduhan yang dipaparkan harian The Ages juga tak lebih dari informasi yang belum diverifikasi alias mentah.
 
Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengatakan, bahwa pihaknya meminta agar media melakukan klarifikasi kepada tokoh-tokoh yang menjadi obyek pemberitaan. Jadi, apakah itu desas-desus, apakah itu gosip yang mereka laporkan, supaya dicek kebenarannya.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, dalam kawat-kawat diplomatik yang diberikan dari WikiLeakskhusus untuk harian The Age tersebut dikatakan bahwa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara pribadi telah campur tangan memengaruhi jaksa dan hakim demi melindungi tokoh-tokoh politik korup dan menekan musuh-musuhnya serta menggunakan badan intelijen negara demi memata-matai saingan politik dan, setidaknya, seorang menteri senior dalam pemerintahannya sendiri.
 
Dalam kawat-kawat itu juga dirinci bagaimana mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada Desember 2004 dilaporkan telah membayar jutaan dollar AS sebagai uang suap agar bisa memegang kendali atas Partai Golkar. Dalam kawat-kawat itu juga diungkapkan bahwa istri Presiden, Kristiani Herawati, dan keluarga dekatnya ingin memperkaya diri melalui koneksi politik mereka.
 
Kalau disimak dari sudut jurnalistik, jelas pemberitaan yang ditampilkan menjadi headline berita utama harian The Age tidak memenuhi unsure cover both sides. Sebab, mereka hanya memuat apa yang dikatakan oleh WikiLeaks. Tidak membandingkan dengan sumber lain, terutama obyek tokoh-tokoh yang ada dalam pemberitaan.
 
Oleh karena itu, masyarakat Indonesia khususnya para tokoh yang ada dalam obyek pemberitaan  tetap harus mewaspadai timbulnya efek dari pemberitaan yang jelas merugikan Indonesia. Sebab, tidak menutup kemungkinan negara, seperti AS dan Australia berupaya ingin menyulut konflik di Indonesia. Di samping itu cara procedural dengan menggunakan hak jawab tetap harus dilakukan.


T. Daud Yusuf, Bukit Duri Selatan, Tebet Jakarta Selatan
Editor: Anita K Wardhani
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas