• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribunners

Blog Tribunners

SmartFren Menjebak Pelanggan, Sungguh Mengecewakan

Sabtu, 8 Oktober 2011 07:58 WIB

SmartFren Menjebak Pelanggan, Sungguh Mengecewakan
/TRIBUNNEWS.COM/BIAN HARNANSA
Seorang mencoba Kartu Smartfren untuk browsing internet saat Launching SMARTFREN Anti Lelet, di Jakarta, Jumaat. (16/9/2011) Kartu Smartfren Smartfren, penyedia layanan telekomunikasi berbasis teknologi CDMA terkemuka di Indonesia, menyatakan penyedia berbagai layanan terbaik, terdepan dan tercepat dalam mengakses internet hingga 14,7 Mbps. (TRIBUNNEWS.COM/BIAN HARNANSA)

TRIBUNNEWS.COM - Pada hari Rabu, 5 Oktober 2011, seperti biasanya ketika paket data bulanan saya sudah hampir melewati batas masa berlakunya, saya mengisi pulsa sebesar Rp. 50.000 via klikbca. Dan seperti biasanya juga, bonus quota internetan sebesar 500mb selama masa waktu 7 hari pun otomatis aktif. Namun yang tak biasa, ketika hanya mendownload sebuah file berukuran 266mb (tanpa browsing, upload, atau aktivitas internet yang lain), tiba2 di tengah jalan (pada saat quota download file tersebut sudah mencapai 199mb) koneksi terputus. Alangkah terkejutnya saya ketika saya cek melalui *999 pulsa saya langsung Rp.0,- (termasuk bonus Rp.10.000 ikut ludes)!!!

Sungguh sangat mengecewakan, mengingat saya sudah hapal betul dengan metode "jebakan" bonus quota internet dari smartfren. Karena saya merasa tidak melakukan aktivitas internet yang melampaui quota sebesar 500mb! Biasanya setiap akan melewati batas quota tersebut saya selalu disconnect hp modem smartfren saya untuk mengecek sisa quota yg masih berlaku. Saya sudah laporkan masalah ini ke operator smartfren dan ia bilang bahwa itu sepenuhnya merupakan kesalahan pelanggan tanpa bisa membuktikan data-data apa saja yg telah saya gunakan hingga melebihi batas quota! Dan dia juga mengatakan untuk kedepannya tidak menggunakan bonus gratis internet 500mb alias langsung saja daftar paket data internet unlimited biar tidak memakan pulsa reguler.???! Jawaban macam apa itu?

Kalau memang jelas promo dari smartfren banyak merugikan konsumen, mengapa tidak dihapus saja, atau diperbaiki sistemnya? Apakah memang ada unsur kesengajaan untuk menjebak konsumen?? Dalam kasus saya di atas, jelas2 itu bukan hanya sekedar jebakan, melainkan dengan terang2an telah melakukan pemotongan pulsa secara sepihak. Smartfren, tolong kembalikan pulsa saya! Saya tunggu 3 hari proses laporan saya melalui customer care smartfren sesuai yg telah dijanjikan terhitung mulai hari ini.

Dan ternyata belum sampai 3 hari (hanya selang bbrp jam) pihak 888 menghubungi via sms yg bunyinya: "Kepada pelanggan Yth. Kendala anda atas ketidak-sesuaian saldo telah diselesaikan, untuk info lebih lanjut silahkan hub. 888. Setelah saya hubungi ternyata pihak smartfren tetap ngotot bahwa pemakaian data internet saya telah melewati batas quota.

Anehnya sms pemberitahuan tadi tiba2 hilang dari hp saya padahal saya tidak pernah menghapusnya sama sekali. Simcard saya sempat terblokir tidak bisa cek pulsa dan internetan. Beberapa kali ada ketidak-sesuaian pengecekan masa berlaku bonus 500mb quota internet via *995. Sebelumnya berlaku hingga 12/10/11, sebentar kemudian berlaku hingga 5/10/11. Menghubungi operator juga sempat mengalami masalah, dibilang pulsa habis sehingga tidak dapat menghubungi cs, padahal pulsa masih ada Rp. 19.800 (setelah melakukan pengisian kembali).

Smartfren, slogan anda : I Hate Slow sangat tidak pantas. Anda lebih banyak merugikan konsumen dengan paket bonus 500mb anda.

Penulis: bram drum
Editor: Widiyabuana Slay
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
120 KOMENTAR
169429 articles 0 0
Default
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Ricky Gunawan
    Ricky Gunawan-Sabtu, 28 Juni 2014 Laporkan
    Saya juga dulu kaya gitu pulsa saya langsung terkuras habis. tapi setelah saya verifikasi kembali ternyata saya lupa ambil paket internet. Jadi sebelum anda dapat sms konfirmasi dari smartfren jangan browsing,dll. •cara cek-nya telpon *995.
  • Irsyad Budi
    Irsyad Budi-Selasa, 14 Januari 2014 Laporkan
    kita sebagai pelanggan berhak menuntut secara hukum atas kebohongan publik yang dilakukan smartfren melalui iklan dan slogan yg tidak bisa dipertanggung jawabkan. kalau gak gitu kita selalu dibodohi, jaman makin canggih,dituntut serba cepat.. slogan anti lelet smartfren bagus tapi sayangnya tidak terbukti..seharusnya pihak smartfren melakutan uji statistik di area marketing dan tempat2 dimana ikan didengar dan dilihat publik, jangan jual produk yang tidak layak dikonsumsi publik, percuma jual produk tapi gak bisa dipake..sungguh terlalu..
  • lsukma wijayal
    lsukma wijayal-Sabtu, 2 November 2013 Laporkan
    iya gue juga ngerasain hal yang sama dengan kasus di atas.. " tanggal 2 November 2013" baru saja gue isi pulsa siang vocer fisik 10.000 mau di paketin dan pulsa terakhir saya lihat 9800 dan di tinggal sebentar pulsa 0. itu saya makai bbm saja, dan browsing mau download app fb. ternyata app pun gak bisa di download. dan saya masih penasaran. saya isi lagi vocer fisik smartfren yang 10.000 lagi . gosok kode dan gue masukin kode. emang sudah terisi 10.000 tapi beberapa menit kemudian saya ingin memakai paket 1 minggu saja. eh... langsung pulsa 0 dan tak ada pemberitahuan apapun. yang ada pulsa anda tidak cukup ( pulsa 0 ) apa apaan coba. langsung gue sobeek aja tuh vocer sialan. toloooooong laaah.. katanya orang pintar pilih smart. mana mana manaaa buktinya smartfrend terbaik buat internet. OMDO . huft. KECEWA BOUS.
  • Changik Herlan
    Changik Herlan-Selasa, 6 Agustus 2013 Laporkan
    Asli bener,,, smart kini nipu kita semua...mngkin alternatif skrng sy sarankan kita harus pasang aja Speedy dirumah kita.
  • Tyo Boro
    Tyo Boro-Sabtu, 6 Juli 2013 Laporkan
    haha wkwkwkwk paket bbnya bug semua,...... pulsa 0 perak masih bisa internetan tapi kalo pulsa masih disedot semua sama si sialvret emang suram tuh operator wkwkwkwk dipalak sama bos gangnya kalo pulsa melayang 50k mah derita elo,... berarti kita senasib
  • rubi
    rubi-Selasa, 26 Februari 2013 Laporkan
    Saya pake smartfren biasa aja kok..
    bonus 1gb setelah pengisian 50rb juga
    bisa saya gunakan sampai habis
    tanpa kendala sinyal busuk, youtubing
    tetep lancar dgn kualitas low quality..
    mungkin agak lelet ketika hujan
    deras.. mungkin klo pengen kualita
  • pai paikumu
    pai paikumu-Selasa, 12 Februari 2013 Laporkan
    betul, saya pernah beli pulsa dan janji smartfren akan langsung tambah point namun setelah saya tunggu sehari dan saya cek tetap seperti sediakala. makan tu bonus, tidak lama kamu hancur jika membohongi konsumen...
  • ujang
    ujang-Sabtu, 24 November 2012 Laporkan
    Smartfren maling duit pelanggan bajingan
    lebih jahat dari koruptor yg sudah
    tertangkap sy nabung dari duit jajan
    dibelain sekolah perut lapar buat beli
    paket bulanan ee baru 2 minggu habis demi
    ALlah dunia akherat gk ihlas aku biadab
    keparat
  • H.Nur Dahyar
    H.Nur Dahyar-Sabtu, 24 November 2012 Laporkan
    Sangat kecewa dg operator akhirnya
    hilanglah pulsa sy 100rb (kelas teri)sudah
    3bln ikut paket bulanan pas paket habis sy
    isi ulang 100rb telp operator minta
    didaftarin eee gak taunya kata operator
    lainnya katanya sy cuma nanya caranya
    aja(emang sy b
  • Hadi Jubaidi
    Hadi Jubaidi-Minggu, 5 Agustus 2012 Laporkan
    ni operator emang ga da malunya pake slogan anti lelet,,,sy pake langganan unlimited premium,tp kbanyakan tidur sinyalnya,,,pdhl area sy deket dengan transmitter evdo,,,sy coba instal ulang pc sy(brg x kbnyakan vrs) tp ttp aja,,,cepetnya bentar,tidurnya
  • Yusron
    Yusron-Jumat, 27 Juli 2012 Laporkan
    Sama boz,aku beli modem smartfren 199rb.alhamdulillah,cuma 2 minggu bisa d pakai.trhtng tgl 24/07 2012 conecting lost sampai dtk ini.maklum,hidup d indonesia gitu.sarang penyamun
  • iwan gendut
    iwan gendut-Jumat, 6 Juli 2012 Laporkan
    Smartfren..jual tablet kagak jelas pengirimannya..katanya
    di kirim tgl 1 juli sekarang udah tgl berapa nih..??..ada apa
    kagak tabletnya sihhh!!!
  • dulyta
    dulyta-Rabu, 27 Juni 2012 Laporkan
    smarfren sangat mengecewakan.. Kata nya anti lelet tp knyataan nya sngat lelet.. Sya daftar paket harian yg 100mb hrga 3rb. Tp buat ngedownload lemot bgt. Udh gitu yg bikin sya kesel, di aplikasi facebook lama bgt loading nya/lemot. Ternyata gsm2 jg yg cp
  • dita
    dita-Rabu, 20 Juni 2012 Laporkan
    saya jg ni baru x pertma
    udah ikut paket unlimited yg 45rb
    baru 3hr udah gk bs dpke lagi
    pulza lngsung ludes..
    Internet msa aktiv 1bln udh gk bs dipake lg..
    Huffzz..mengecewakan..
    Malez lah klo gni pke smartfren
  • semar pren
    semar pren-Senin, 18 Juni 2012 Laporkan
    sama, operator sekarang kalo cari untung dgn cara tidak patut meski yg dicuri cuma beberapa rupiah....kao dipikir masih lebih baik pengemis jalanan ato pengamen yg hanya mengumpulkan uang receh tp dengan jujur meminta.
  • bintang
    bintang-Sabtu, 26 Mei 2012 Laporkan
    sama ky sy modus ny sprti itu.parah
  • reydo
    reydo-Rabu, 16 Mei 2012 Laporkan
    Smart frend beraninya cmn jago
    kandang
    akses internet saya cmn cepat lok
    drmh tok
    tak bw pergi sktr 2km aja dah lelet
  • hendri wijaya
    hendri wijaya-Selasa, 15 Mei 2012 Laporkan
    sama,saya juga.
    di PALEMBANG jaringan smartfren lelet.
    apalagi mendekati masa berlaku paket habis.
    buat buka jejaring sosial saja makn waktu +- 20 menit.

    iklan aja yg gencar,tapi nyatanya berbeda jauh.
  • el music
    el music-Minggu, 13 Mei 2012 Laporkan
    - sudah di up datekah java, flash dan browser (mozilla, flock, google chrome, dll) anda..jika belum itu akan memperlambat juga untuk kecepatan koneksi anda

    jadi sebelum anda bilang merugikan konsumen..kita lihat dulu dari hardware atau fasilitas hardware
  • el music
    el music-Minggu, 13 Mei 2012 Laporkan
    - isi pulsa anda setelah itu cek pulsa anda dengan menekan *999 untuk mengetahui pulsa sudah masuk atau belum
    - setelah sudah masuk, paketkan internet data anda (mau yg unlimited atau postpaid), setelah sudah yakin dengan pilihannya cek pulsa *999 dan pak
  • Tampilkan lainnya

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas