• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Tanggapan KJRI Jeddah Terkait Berita TKW di Arab Saudi

Senin, 5 Maret 2012 19:21 WIB
Tanggapan KJRI Jeddah Terkait Berita TKW di Arab Saudi
IST
Suasana di Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah, Arab Saudi.

TRIBUNNEWS.COM - Merujuk pemberitaan portal berita Tribunnews.com tanggal 2 Maret 2012 mengenai "Ratusan TKW di Arab Saudi Minta Dipulangkan ke Indonesia" dengan hormat disampaikan tanggapan sekaligus klarifikasi resmi dari KJRI Jeddah atas pemberitaan tersebut, sebagai berikut:

Menindaklanjuti pemberitaan tersebut, kami telah berkoordinasi langsung dengan Staf Teknis Tenaga Kerja KJRI Jeddah Budi Hidayat Laksana pada hari Sabtu, 3 Maret 2012. Menurut Budi, KJRI Jeddah tidak pernah menerima laporan laporan permasalahan tenaga kerja dari seorang TKI bernama Neni yang bekerja di Madinah. Sebaliknya, KJRI Jeddah justru menerima laporan kasus dimaksud dari KBRI Riyadh dan segera menindaklanjuti laporan tersebut dengan menghubungi pihak penyalur tenaga kerja, Perusahaan An Nasban yang berkantor di Riyadh pada bulan Januari 2012.

Dalam komunikasinya, KJRI Jeddah meminta pihak perusahaan agar segera memulangkan para TKI yang telah habis masa kontrak kerjanya. Sayangnya komunikasi per telepon tidak ditanggapi dengan baik oleh perusahaan dan terkesan mereka saling lempar tanggung jawab.

Oleh karena itu, KJRI Jeddah telah melayangkan surat resmi kepada perusahaan dimaksud tertanggal 30 Januari 2012 dan kembali mengingatkan perusahaan An Nasban untuk memulangkan TKI yang telah habis masa kontraknya ke Indonesia sesegera mungkin.

KJRI Jeddah saat ini tengah mempertimbangkan untuk menyurati Kementerian Luar Negeri Arab Saudi dan Kantor Tenaga Kerja setempat untuk mengadukan perihal tersebut. Diharapkan pihak perusahaan akan lebih kooperatif dan serius mengindahkan permintaan KJRI Jeddah untuk memulangkan para TKI dimaksud.

KJRI Jeddah pada hari Sabtu, 3 Maret 2012 telah menghubungi TKI bernama Neni, yang nomor selulernya baru KJRI Jeddah dapat dari Korwil PDIP Perjuangan di Jeddah, Jum'at (2/3/2012). Menurut Neni, dirinya tidak pernah melaporkan kasus di atas kepada KJRI Jeddah. Dari dirinya didapatkan pula informasi bahwa pada tanggal 15 Maret 2012 sebagian dari TKI yang bekerja di Madinah akan dipulangkan ke Indonesia oleh Perusahaan An Nasban.

Untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang, KJRI Jeddah mengimbau berbagai pihak, baik LSM maupun kelompok masyarakat di Arab Saudi agar dapat meminta klarifikasi terlebih dahulu kepada Perwakilan RI setempat (KBRI Riyadh dan KJRI Jeddah) sebelum menyebarkan informasi yang belum tentu terbukti kebenarannya dan berpotensi menimbulkan fitnah, menyesatkan dan merusak nama baik institusi.

Demikian, atas perhatian dan kerja samanya untuk memuat klarifikasi di atas, diucapkan terima kasih.

Nur Ibrahim

Konsul Muda Pensosbud KJRI Jeddah

Editor: Widiyabuana Slay
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
5 KOMENTAR
325961 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • badra-Sabtu, 2 Maret 2013 Laporkan
    saya melaporkan brita kematian atas nama siti sholihah binti tokin dr blm septmbr d bnp2tki& meneruskan k kemlu dg menyerahkan data2 serta tlp no hp yg mengabari.tpi hingga kini jenazahnya blm d temukan,mengingat saat kematian tkw tsb statusny kaburan stl
  • deden munawar-Senin, 31 Desember 2012 Laporkan
    tolong sama kjri/kbr harus cepat tanggap atas laporan2 yang datang
  • deden munawar-Senin, 31 Desember 2012 Laporkan
    saudi arabia masih banyak jahiliyahnya
  • ari-Selasa, 25 Desember 2012 Laporkan
    Penjara rasakemah jeddah ibu saya 3thn sudah tidak di pulangkan
  • bambang prayitno-Jumat, 23 Maret 2012 Laporkan
    Bangsa Arab Saudi adalah bangsa penjahat yang sok suci !!!
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas