Blog Tribunners

Bambu Unik, Langka, Alami, dan Bertuah

Senin, 30 April 2012 19:01 WIB

Bambu Unik, Langka, Alami, dan Bertuah
Foto & koleksi bambu Alex Palit

TRIBUNNEWS.COM - Banyak disebutkan bahwa bambu adalah pepohonan yang begitu banyak memberi manfaat dan kegunaan alias serba guna bagi kebutuhan kehidupan manusia. Bahkan di zaman modern dan serba canggih ini, bambu tetap banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dari yang paling sederhana sampai dirancang dalam berbagai modifikasi artistik. Dari sekecil tusuk gigi sampai segede bangunan rumah, terbuat dari bambu. Di sini menunjukkan kepada kita bahwa begitu banyaknya manfaat dan kegunaan bambu bagi kita dan kehidupan manusia.

Sebagai pohon dengan batang yang tumbuh tegak menjulang tinggi bisa mencapai ketinggian di atas 10 meter, ternyata ada bambu yang tumbuh batang atau cabang dari matanya dengan bentuk yang memiliki bentuk keunikan tersendiri. Untuk menemukan atau mendapatkan bentuk bambu yang unik memang tidak gampang, bisa gampang-gampang susah, alias langka. Karena belum tentu di antara 1000 batang bambu ditemukan ada diketemukan bambu berbentuk unik tersebut. Jangan heran bila jenis bambu unik keberadaannya cukup langka. Kalau pas kebetulan berhasil menemukan atau mendapat bambu tersebut, itu namanya ketemu jodoh alias bambu petuk (ketemu).   

Lalu, selain menyimpan keunikan artistik, adakah spesifikasi manfaat dan kegunaan bambu-bambu unik, langkah dan alami bukan hasil rekayasa bikinan manusia ini?

Banyak orang menyakini bahwa bambu unik langka dengan bentuk spesifikasi tertentu ini punya daya energi kekuatan bawaan alam, atau energi alami. Tak heran bila kemudian ada orang yang menyebut bahwa jenis bambu bentuk unik dan langka ini diyakini ‘bertuah’. Sudah tentu semua itu dikembalikan lagi kepada keyakinan atau sugesti masing-masing orang yang mempercayai atau tidak. Tapi setidaknya semua itu atau keyakinan ini kita kembalikan kepada atas kebesaran Sanghyang Khalik.  

Katanya, jenis bambu sesuai spesifikasi keunikan artistik bentuknya diyakini punya kegunaan tertentu pula. Misalnya untuk tolak energi negatif, seperti teluh, santet atau pagar goib. Dan ada pula yang diperuntukkan kelancaran usaha atau kewibawaan, dan lain sebagainya. Tak heran bila kita mendengar orang mencari jenis bambu tertentu untuk keperluan atas dasar keyakinannya. Sekali lagi, semua itu kembali lagi kepada keyakinan masing-masing personal individual.

Dan, harga bambu ini bisa relatif dari puluhan ribu, ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung spesifikasi keunikan dan kelangkaan bambunya, bahkan sampai pada sinyalemen apakah bambu ini bertuah atau tidak. Di sini orang meyakini bahwa bambu tersebut punya kekuatan energi.

Sebagai ilustrasi! Apa ini yang dimaksud dengan adanya kekuatan energi alami yang melingkupi bambu itu. Pada suatu hari, menemukan sebuah rumpun bambu telah dipotong setinggi 60 cm telah terbakar hangus-ngus gosong, ternyata di tengah ada satu bambu yang bentuknya nyeleneh (unik) tidak terbakar, masih tetap mulus. Tidak terbakar sedikitpun. Sementara lainnya sudah gosong, bahkan sebagian pada hancur dilalap api. Akhirnya saya berpikir, apakah bambu ini yang disebut orang sebagai bambu anti api?! Wallahualam...!!!

Halaman
12
Penulis: Alex Palit
Editor: Widiyabuana Slay
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help