• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 24 Oktober 2014
Tribunners

Blog Tribunners

Alex Palit

Bambu Unik, Langka, Alami, dan Bertuah

Senin, 30 April 2012 19:01 WIB
Bambu Unik, Langka, Alami, dan Bertuah
Foto & koleksi bambu Alex Palit

TRIBUNNEWS.COM - Banyak disebutkan bahwa bambu adalah pepohonan yang begitu banyak memberi manfaat dan kegunaan alias serba guna bagi kebutuhan kehidupan manusia. Bahkan di zaman modern dan serba canggih ini, bambu tetap banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dari yang paling sederhana sampai dirancang dalam berbagai modifikasi artistik. Dari sekecil tusuk gigi sampai segede bangunan rumah, terbuat dari bambu. Di sini menunjukkan kepada kita bahwa begitu banyaknya manfaat dan kegunaan bambu bagi kita dan kehidupan manusia.

Sebagai pohon dengan batang yang tumbuh tegak menjulang tinggi bisa mencapai ketinggian di atas 10 meter, ternyata ada bambu yang tumbuh batang atau cabang dari matanya dengan bentuk yang memiliki bentuk keunikan tersendiri. Untuk menemukan atau mendapatkan bentuk bambu yang unik memang tidak gampang, bisa gampang-gampang susah, alias langka. Karena belum tentu di antara 1000 batang bambu ditemukan ada diketemukan bambu berbentuk unik tersebut. Jangan heran bila jenis bambu unik keberadaannya cukup langka. Kalau pas kebetulan berhasil menemukan atau mendapat bambu tersebut, itu namanya ketemu jodoh alias bambu petuk (ketemu).   

Lalu, selain menyimpan keunikan artistik, adakah spesifikasi manfaat dan kegunaan bambu-bambu unik, langkah dan alami bukan hasil rekayasa bikinan manusia ini?

Banyak orang menyakini bahwa bambu unik langka dengan bentuk spesifikasi tertentu ini punya daya energi kekuatan bawaan alam, atau energi alami. Tak heran bila kemudian ada orang yang menyebut bahwa jenis bambu bentuk unik dan langka ini diyakini ‘bertuah’. Sudah tentu semua itu dikembalikan lagi kepada keyakinan atau sugesti masing-masing orang yang mempercayai atau tidak. Tapi setidaknya semua itu atau keyakinan ini kita kembalikan kepada atas kebesaran Sanghyang Khalik.  

Katanya, jenis bambu sesuai spesifikasi keunikan artistik bentuknya diyakini punya kegunaan tertentu pula. Misalnya untuk tolak energi negatif, seperti teluh, santet atau pagar goib. Dan ada pula yang diperuntukkan kelancaran usaha atau kewibawaan, dan lain sebagainya. Tak heran bila kita mendengar orang mencari jenis bambu tertentu untuk keperluan atas dasar keyakinannya. Sekali lagi, semua itu kembali lagi kepada keyakinan masing-masing personal individual.

Dan, harga bambu ini bisa relatif dari puluhan ribu, ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung spesifikasi keunikan dan kelangkaan bambunya, bahkan sampai pada sinyalemen apakah bambu ini bertuah atau tidak. Di sini orang meyakini bahwa bambu tersebut punya kekuatan energi.

Sebagai ilustrasi! Apa ini yang dimaksud dengan adanya kekuatan energi alami yang melingkupi bambu itu. Pada suatu hari, menemukan sebuah rumpun bambu telah dipotong setinggi 60 cm telah terbakar hangus-ngus gosong, ternyata di tengah ada satu bambu yang bentuknya nyeleneh (unik) tidak terbakar, masih tetap mulus. Tidak terbakar sedikitpun. Sementara lainnya sudah gosong, bahkan sebagian pada hancur dilalap api. Akhirnya saya berpikir, apakah bambu ini yang disebut orang sebagai bambu anti api?! Wallahualam...!!!

Jangan kaget kalau dalam urusan bagaimana cara untuk mendapat sendiri dalam artian menembang sendiri bambu tersebut banyak unsur peristiwa di luar nalar logika. Itulah uniknya bambu unik!

Salah satu cerita pengalaman cukup unik lagi, saya pernah mendapatkan bambu lewat mimpi. Dalam mimpi itu saya disuruh mengambil bambu berbentuk tongkat, sementara saya sendiri tidak tahu lokasi, tidak ditunjukkan letak pastinya bambu yang ada di mimpi tersebut. Apalah arti sebuah mimpi?

Keesokan harinya ketika jalan menemani mengantar istri untuk suatu keperluan. Sambil menunggu selesainya urusan istri, saya menunggu di sebuah warung yang di depannya ada ada pohon bambunya, sambil minum teh. Pas dihadapan saya duduk, mata saya tiba-tiba tertuju di situ ada sebuah bambu tinggi sekitar 40 cm dengan bentuk lain dari yang lain yang letak tidak lazim terpisah menyendiri dari lainnya. Oooh, ini mungkin bambu tongkat yang dimaksud dalam mimpi itu. Wallahualam...!!! Begitu ceritanya, silahkan believe or not!

Seperti sering kita dengar, orang mencari bambu petuk atau ketemu ruas, katanya jenis bambu ini tawaran harganya sangat fantastik mencapai miliar rupiah, wallahualam! Tak heran jika banyak terjadi upaya penipuan atas nama bambu petuk atau ketemu ruas, yang banyak dipalsukan dengan segala trik dan rekayasa. Untuk itu berhati-hatilah bagi peminat bambu petuk atau ketemu ruas terhadap segala trik penipuan dan rekayasa. Smoga!

Alex Palit, penyuka koleksi bambu unik dan langka

Penulis: Alex Palit
Editor: Widiyabuana Slay
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
4 KOMENTAR
487741 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Adi Gope-Minggu, 6 Oktober 2013 Laporkan
    saya memiliki bambu yang tunas nya tumbuh sejajar tetapi gari ruas nya ada dua dan tunas tumbuh di tenggah garis ruas tersebut mohon penjelasan apa kah bambu tersebut punya manfaat truas apa manfaat nya
  • hadinuroho-Senin, 31 Desember 2012 Laporkan
    saya
    hadi makelar bambupetuk bila anda berminat ingin menjual hub saya ke
    085269083040 ingat yang asli saya buka harga 100 s/d 500 juta
  • hadi prayitno-Sabtu, 19 Mei 2012 Laporkan
    maohon maaf,bagi para pembaca web,sekedar berbagi pengalaman,barang kali ada yg sekedar ingin melihat koleksi bambu atau rotan petuk atau bambu unik silahkan hubungi 082138777776
  • hadi prayitno-Sabtu, 19 Mei 2012 Laporkan
    mungkin benar juga,sebagaian pengalaman mereka,bahwa untuk mendapatkan/menebang bambu bambu unik bertuah hafus dg ritual tertentu,tapi dari pengalaman yg selama ini aku jalani tidaklah begitu,intinya karena semua yg di bumi ini ciptaan allooh,maka kita mi
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas