• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Mengincar Program Beasiswa BPKLN KEMDIKBUD 2012

Minggu, 27 Mei 2012 14:55 WIB
Mengincar Program Beasiswa BPKLN KEMDIKBUD 2012
NET
Ilustrasi tiga doktor.

Oleh: Muhammad F.M

TRIBUNNEWS.COM - Melanjutkan study terkandang berfikir bagaimana memperoleh biaya. Apalagi bagi orang yang kurang mampu. Tapi jangan pernah takut dan menyerah, karena ada salah satu solusi bagi kita untuk melanjutkan study tanpa harus membebankan biaya  kepada orang tua.

Asalkan kita mempunyai komitmen untuk belajar dan memiliki prestasi di akademis  maupun non akademis di tingkat nasional maupun internasional. Solusi tersebut adalah dengan mengikuti rekrutmen Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN), KEMDIKBUD 2012.

Apa itu Beasiswa Unggulan ?
Beasiswa unggulan merupakan  program bantuan dana (Biaya pendidikan, Biaya hidup atau biaya operasional tergantung masing-masing individu) yang diberikan oleh pemerintah lewat BPKLN, KEMDIKBUD yang diberikan kepada mahasiswa berprestasi yang akan melanjutkan study atau sedang study dengan program S1,S2 maupun S3  dalam negeri maupun luar negeri dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh pihak BPKLN, KEMDIKBUD.

Bagaimana Pendaftaran, persyaratan, dan pengumuman Beasiswa Unggulan ?
Beasiswa BPKLN telah dibuka pendaftaranya sejak 1 Januari - 31 Desember 2012, jadi bagi yang ingin mendapatkan beasiswa kalian masih bisa  bergabung untuk mendaftarkan diri mengikuti rekrutmennya.
 
Persyaratan yang dibutuhkan adalah membuat surat permohonan Beasiswa Unggulan  BPKLN (ditujukan kepada Kepala BPKLN, KEMDIKBUD), menyerahkan Surat keterangan Lulus dari univeristas penerima di sertakan beserta rincian biaya study, Toefl/Ielt, Piagam Penghargaan baik tingkat nasional/internasional. Dokumen tersebut dapat diserahkan secara langsung di Gedung C, Floor 6, Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN), Sekretariat Jenderal, Kementrian Pendidikan Nasional,  Jalan Jenderal Sudirman Senayan Jakarta 10270,  atau dapat dikirimkan ke beasiswaunggulan.kemdiknas.go.id.

Pengumuman akan diiformasikan dengan di hubungi oleh pihak BPKLN KEMDIKBUD. Jika sudah dinyatakan lulus akan medapatkan SK Penerimaan BPKLN dan uang akan segera cair.
Bagaimana Kewajiban Penerima Beasiswa Unggulan?

Banyak kita dengar penerima beasiswa banyak kewajiban yang harus dilakukan oleh penerimanya. Berbeda dengan kewajiban yang harus dilakukan penerima beasiswa BPKLN kewajiban yang harus dilakukan adalah melaporkan hasil study  dan membuat Artikel yang dimuat di media nasional maupun lokal.

Ayo kita bisa mencoba untuk mengikuti seleksi Beasiswa Unggulan, agar keinginan kita melanjutkan study tidak terhenti karena masalah biaya. Dan semoga pemerintah tetap mendukung generasi mudah untuk meningkatkan kualitas bangsa dengan program beasiswa unggulan.

Editor: Widiyabuana Slay
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
2 KOMENTAR
565641 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • guruh-Minggu, 11 November 2012 Laporkan
    Kalau skrang belum lulusan dari sma apakah harus di terima d universitas dlu?
  • 85397977217-Senin, 4 Juni 2012 Laporkan
    Gmn klo g punya srtfkt toefl n penghargaan? Apakh msh bs ikut mndftr?
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas