• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 28 Juli 2014
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Perempuan Punya Kemampuan Mempengaruhi dalam Memimpin

Sabtu, 11 Agustus 2012 07:24 WIB
Perempuan Punya Kemampuan Mempengaruhi dalam Memimpin
IST
Pelaksanaan workshop hasil survei Kepemimpinan Perempuan di Aula Bappeda Pemkab Gowa, 10 Agustus 2012. Kegiatan ini diikuti 30-an peserta berasal dari enam lembaga mitra langsung ACCESS Phase II di Kabupaten Gowa.

TRIBUNNEWS.COM - Kepemimpinan perempuan dimaknakan sebagai  kemampuan perempuan untuk mempengaruhi kelompok atau pengikutnya mencapai tujuan tertentu.

Definisi ini disampaikan  Gita Pertiwi sebagai pengantar dalam pelaksanaan workshop hasil survei Kepemimpinan Perempuan di Aula Bappeda Pemkab Gowa, 10 Agustus 2012. Kegiatan ini diikuti 30-an peserta berasal dari enam lembaga mitra langsung ACCESS Phase II di Kabupaten Gowa dan penggiat organisasi warga yang ikut diwawancarai dalam pelaksanaan survei yang berlangsung Mei hingga Juni 2012 lalu.

Survey ini bertujuan melakukan pemetaan aktor-aktor perempuan di tingkat organisasi dan individu pada mitra ACCESS, serta merumuskan strategi memperbayak dan meningkatkan kualitas Kepemimpinan Perempuan.

Terdapat 131 responden yang diwawancarai 77 persen berasal dari organisasi warga dan 33 persen berasal dari manajemen dari enam lembaga. Hasil survei memperlihatkan 42 persen perempuan menjadi pengurus inti dalam satu organisasi, 25 persen menjabat pada 2-3 organisasi. Ketika mendiskusikan mengapa terdapat prempuan yang menjadi pengurus pada dua atau tiga lembaga peserta menjawab kurangnya pilihan aktor di tingkat desa sebagai salah satu penyebabnya.

Terdapat beberapa aspek lain yang dimasukkan dalam penelitian ini di antaranya mekanisme perekrutan, peran pengurus dan staf perempuan dalam lembaga, serta mekanisme pengambilan keputusan. Kegiatan ini juga telah dilaksanakan  di Bantaeng, Jeneponto, dan Takalar yang difasilitasi Hasana Dewi dan Titiek dari Gita Pertiwi.

Darmawan Denassa
Direktur The Gowa Center
Kabupaten Gowa, Sulsel

TRIBUNNERS POPULER


Editor: Widiyabuana Slay
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
820872 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
    Jadilah yang pertama memberikan komentar
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas