Sabtu, 4 Juli 2015
Tribunners

Blog Tribunners

Saya Jual Senjata Api, Anda Berminat?

Minggu, 26 Agustus 2012 07:52 WIB

Saya Jual Senjata Api, Anda Berminat?
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Rikwanto memeriksa salah satu senjata tanpa izin hasil operasi Senjata dan Bahan Peledak (Sendak Jaya) di Polda Metro Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (26/7/2012). Hasil operasi Sendak Jaya, petugas berhasil menyita barang bukti berupa senjata api tanpa izin, senjata api rakitan, petasan dan puluhan senjata air softgun. TRIBUNNEWS/HERUDIN

Jual senjata api, caliber:9mm, tajam, untuk perlindungan, harga terjangkau (tanpa syarat, barang bukan legal. Jika ada yang berminat, harap langsung hubungi e-mail: Jual.xxx@yahoo.com

TRIBUNNEWS.COM - Itulah isi salah satu iklan bisnis jual beli senjata api ilegal yang ada di dunia maya. Salah satu benda yang terlihat “tabu” untuk dimiliki warga sipil, ternyata begitu mudah untuk dimiliki. Hanya bermodal uang, maka warga sipil sudah dapat memiliki senjata api ilegal. Penggunaan senjata api ilegal ini patut dipertanyakan, karena senjata api ilegal bisa saja digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, untuk mempersenjatai kelompok tertentu dalam melaksanakan aksi kriminal.

Menurut ketentuan yang berlaku, cara kepemilikan senjata api harus memenuhi persyaratan-persyaratan berikut ini:

1. Pemohon ijin kepemilikan senjata api harus memenuhi syarat medis dan psikologis tertentu. Secara medis pemihon harus sehat jasmani, tidak cacat fisik yang dapat mengurangi keterampilan membawa dan menggunakan senjata api dan berpenglihatan normal.

2. Pemohon haruslah orang yang tidak cepat gugup dan panik, tidak emosional dan tidak cepat marah. Pemenuhan syarat ini harus dibuktikan dengan hasil psikotes yang dilaksanakan oleh tim yang ditunjuk Dinas Psikologi Mabes Polri.

3. Harus dilihat kelayakan, kepentingan dan pertimbangan keamanan lain dari calon pengguna senjata api. Untuk menghindari adanya penyimpangan atau membahayakan jiwa orang lain.

4. Pemohon harus berkelakuan baik dan belum pernah terlibat dalam suatu kasus tindak pidana yang dibuktikan dengan SKKB.

Halaman123456789
Penulis: Elbi Dahs
Editor: Widiyabuana Slay
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas