• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 24 September 2014
Tribunners

Blog Tribunners

Pengakuan Penjual Ginjal: Harga Nego

Selasa, 28 Agustus 2012 17:24 WIB
Pengakuan Penjual Ginjal: Harga Nego
IST
Ilustrasi ginjal

Yth. Bapak El Dahs

Salam,

Terima kasih atas perhatian bapak yang mau membeli ginjal saya. Nama saya Iwan (nama disamarkan), bapak dari 2 anak yang masing-masing berumur 5 tahun dan 2 tahun. Saya berumur 32 tahun, tidak pernah alkohol, tidak merokok apalagi narkoba. Dan saya tidak memiliki penyakit serius. Sehat jasmani dan rohani dan bersedia untuk medical check up bila dibutuhkan. Saat ini saya berdomisili di Tangerang.

Saya ingin menjual 1 ginjal saya seharga Rp. 550 juta dan bila bapak masih membutuhkan organ tubuh lainnya, saya bersedia juga untuk menjual hati saya seharga Rp. 250 juta.

Adapun motif saya melakukan itu semua, karena saya saat ini sedang membutuhkan banyak uang untuk membayar utang saya dan buat ibadah. Saya kasihan dengan istri saya yang tidak sanggup menghadapi tekanan. Saya sadar dalam menawarkan ginjal dan hati saya karena bagi saya istri saya dan anak-anak saya adalah yang utama, merekalah BUAH HATI SAYA YANG SESUNGGUHNYA.

Jika bapak berkenan lanjut membeli ginjal atau hati saya, saya ucapkan banyak terima kasih. Mohon jawaban bapak secepatnya.

Terima kasih.

Itulah isi surat elektronik (e-mail) dari seorang bapak kepada saya yang ingin menjual ginjal dan hatinya. Setelah mencoba menelusuri beberapa iklan di dunia maya, maka saya memberanikan diri untuk mencoba menjadi pembeli untuk mengetahui lebih pasti apa mereka serius dalam mendagangkan organ tubuh mereka.

Inilah fenomena yang ada di masyarakat yang mulai menjamur. Dengan harga ginjal dipasar gelap yang menembus angka US$ 262.000 atau sekitar Rp. 2,4 Miliar dan harga Hati yang menembus angka US$ 157,000 atau sekitar Rp. 1,4 Miliar, maka wajarlah bila banyak orang mengambil jalan pintas untuk menyelesaikan masalah ekonominya.

Namun berdasar penelusuran saya lebih lanjut, banyak penjual ginjal yang tidak mau mengakui mereka menjual ginjal tapi mendonorkan ginjal. Mungkin kata mendonorkan terdengar manusiawi, namun dibalik itu semua para oknum yang mengaku mendonorkan ginjal tetap meminta sejumlah uang sebagai imbalan.

Pakar kesehatan Indonesia, Tunggal Situmorang, mengatakan “secara medis, pendonor dapat hidup sehat dan normal meski hanya memiliki satu buah ginjal”. “Padahal, jumlah penderita ginjal yang tercatat jumlahnya mencapai 70 ribuan orang dengan fakta dilapangan diperkirakan aekitar 100 ribuan orang” lanjutnya.
Benarkah manusia dapat hidup normal dengan 1 buah ginjal? Saya tidak ingin berdebat dengan pakar kesehatan manapun, namun saya mempunyai pemikiran yang logis. Jika manusia dapat hidup normal dengan 1 buah ginjal, buat apa Tuhan menciptakan 2 buah ginjal pada manusia?

Seperti yang saya kutip di scientificamerican, jika hanya memiliki satu ginjal saja, maka organ tersebut harus bekerja lebih keras. Banyak orang yang sudah menjual ginjalnya mengalami penurunan stamina dan tidak mampu melakukan aktivitas secara normal alias gampang lelah karena fungsi ginjalnya tinggal sebelah. Belum lagi jika ginjal tersebut sudah tidak berfungsi baik, maka si pelaku penjual ginjal harus melakukan cuci darah atau transplantasi ginjal yang mungkin ongkianya lebih mahal saat ia menerima uang dari hasil ginjalnya.

Biarlah maraknya kasus jual beli organ tubuh ini, menjadi cambuk bagi pemerintah untuk memperbaiki kualitas ekonomi kita dan sebagai manusia kiranya ini juga menjadi pelajaran bagi kita untuk mengutamakan sifat sosial. Jangan biarkan terulang kembali gadis 15 tahun harus menjual ginjalnya hanya untuk membantu pelunasan utang orang tuanya dan membiayai pendidikan adik-adiknya. Lalu seperti yang dikatakan salah seorang penjual organ ginjal dan hati lewat e-mailnya kepada saya MEREKALAH BUAH HATI SAYA YANG SESUNGGUHNYA, dapat menjadi pelajaran akan pentingnya sebuah keluarga.

 
Penulis: Elbi Dahs
Editor: Yulis Sulistyawan
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
26 KOMENTAR
869282 articles 0 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
  • Damar Saragih-Senin, 1 September 2014 Laporkan
    Saya Ingin Menjual Ginjal saya, dikarenakan saya mempunyai hutang yang begitu besar buat saya.
    Saya berharap ada yang mau menghubungi saya, saya tidak perokok, sehat jasmani dan rohani...., saya perlu uang secepatny. tolong bantu saya ini nomor saya 085361307363
  • risky akbar-Senin, 18 Agustus 2014 Laporkan
    saya ingjn menjual ginjal saya, umur 18th, tidak pernah merokok minum ataupun narkoba, adapun alasan saya krn ini melunasi hutang orang tua saya, ayah saya sudah meninggal, tidak ad yg berkerja di keluarga saya, harga pembuka 2M berminat hubungi saya di akbarisky@gmail.com
  • agus supriyanto-Jumat, 25 Juli 2014 Laporkan
    Saya mau mendonorkan ginjal saya, gak usah mahal2, saling membantu saja... darah saya AB, umur 29, sehat jasmani rohani... hub. sgr 087833248233
  • erry rumbun-Kamis, 17 Juli 2014 Laporkan
    jual ginjal,,golongan darah B,umur 24th,,domisili banjarmasin...yg berminat hubungi 089655594391
  • fatir-Selasa, 15 Juli 2014 Laporkan
    saya mau jual ginjal utk bayar hutang dan naik haji org tua. saya laki2 37thn,gol darah AB,,yg butuh hub,sms only: 082284017091.
  • judith hizari-Kamis, 10 Juli 2014 Laporkan
    Saya pria 33 tahun. Sehat jasmani dan rohani. Domisili di Pacitan JATIM.Saya ingin jual 1 ginjal saya seharga Rp. 800 juta. Saya sadar dan paham betul konsekwensinya dalam menawarkan ginjal ini. Saya melakukan itu semua, karena saya ingin membantu yayasan pondok pesantren yang sekarang saya tempati dan juga buat beribadah. Apabila ada saudara yang berminat dan berkenan serta serius untuk membeli ginjal saya, saya haturkan banyak terima kasih.Mohon konfirmasinya.
    Email:judith_hizario@yahoo.com
  • Gustianda-Sabtu, 5 Juli 2014 Laporkan
    murah amat ya harga organ tbuh cma dibandrol sgitu
    itukan ciptaan TUHAN, bkan ciptaan manusia/mesin

    sni deh para org kaya yg btuh shat ginjal atau hati, sy punya ni ginjal dan hati yg sehat. Sy siap transpalansi/donor ginjal atau hati sy ntuk anda yg membtuhkan. tpi sy tdak mau di twar murah,,

    Brhubung ini ciptaan TUHAN, maka:
    ntuk ginjal saya : Rp.2,2 M dan
    ntuk Hati saya : Rp.1,2 M.

    Berani,,,?
    hubungin aja di no ini:08965539760
  • Cadangan Ku-Rabu, 11 Juni 2014 Laporkan
    Pada sinting kalian, jual organ tubuh kok murah banget, keenakan yg beli, organ qta dibeli dengan hanya ratusan juta qta jd manusia tidak lengkap, sedangkan sipembeli membuang uang hanya ratusan juta hidup sehat dan bisa menghasil lebih dr ratusan juta, bahkan milyaran, sekalian aja pasang harga milyaran biar hasilnya imbang, kalian jual organ tubuh guys bukan jual mobil! Saya tantang deh, harga 2milyaran kalo memang kalian yg butuh hidup lengkap silahkan dipikir 1000 kali lagi
  • Dho Chochobho-Senin, 2 Juni 2014 Laporkan
    saya mau jual ginjal saya
    nama : ridho
    umur : 25 th
    gol darah : O+
    saya membutuhkan uang untuk pengobatan ayah saya,yang butuh hubungi nomor saya
    0852-6496-9895
    saya tinggal di jakarta
  • ricky-Selasa, 22 April 2014 Laporkan
    Saya ingin menjual 1 ginjal saya 20 tahun gol darah O sehat jasmani tidak pernah sakit parah..alesan saya menjual karna saya membutuhkan uang 200jt buat membayar hutang..karna saya sudah tertipu dengan tmn saya sndiri..saya sudah mencoba mencari dia melalui polisi maupun orang pinter tpi ttap tidak tertemui..dan saya ambil menjual ginjal saya daripada saya harus meninggalin dunia saya..karena batin saya sangat tertekan..bagi yang berminat bisa menghubungi 081310968238

    Bagi yang tidak percaya..saya bsa membuktikan nya smuanya..dgn surat dari kepolisian..terima kasih yg hatinya sudah tersentuh dan berniat membantu saya..
  • INDRA ADI MASTARA-Kamis, 27 Maret 2014 Laporkan
    Sy ingin mendonorkan 1 ginjal sy dgn kompensasi yg pantas, umur 35 tahun kadang dan tidak minum alkohol dan narkoba, gol darah AB, riwayat org tua, : ibu org sulawesi dan ayah org keturunan jerman. Namun nasib km tdk seberuntung keturunan bule yg lain, ayah meninggal saat sy berusia 5 tahun, kehidupan km sgt membutuhkan biaya. Sy ingin menaukkan haji orang tua dan mertua sy, dan membelikan sebuah rumah sederhana untuk anak istri, merekalah yg membuat hidup sy berarti, sy ingin membahagiakan anak istri dgn sisa uang buat usaha, agar istri sy tdk tertekan dgn hidup susah. Sy melakukan ini dgn sadar dan ikhlas, tdk akan ada tuntutan dikemudian hari. Yg berminat seriua dpt hub saya di no. 081242233229. Terimakasih.
  • linonajmi-Jumat, 24 Januari 2014 Laporkan
    saya ingin mendonorkan 1 ginjal saya.terimakasih.(081274365658)
  • Dasti-Sabtu, 11 Januari 2014 Laporkan
    Sy perempuan umur 24 thn mau jual ginjal sy, butuh uang soalx. Yg serius silahkan tlp di 08979517354
  • DONOR GINJAL GOLONGAN AB-Selasa, 31 Desember 2013 Laporkan
    ####################################
    (RALAT) sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851
    ##################################################################
    (RALAT) sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851
    ##################################################################
    (RALAT) sya mau donor ginjal gol darah AB+ domisili malang 34 thn hp 081 333 851
    ##############################
  • Didi Mulyadi-Jumat, 20 Desember 2013 Laporkan
    Saya Pria Gol Darah A, Sehat Tidak alkohol.. saya ingin menjual ginjal saya, demi menyelamatkan nyawa istri dan anak saya...
    Hanya untuk yg serius saja, Hubungi : 082115312368
  • Vidirizal-Senin, 9 Desember 2013 Laporkan
    Assalamualaikum… Bismillahirrahmanirrahin…..
    saya Laki2, Usia 25 Tahun, Tinggi 172 Berat Badan Saya 62 Saya ingin berniat baik untuk jual ginjal saya karena saya telah tertipu dalam usaha, dan saya harus membayar semua utang-utang danUntuk Keperluan biaya Kuliah
    Jika serius Hubungi (08 777 176 1091)
  • Fendy Wijaya-Minggu, 8 Desember 2013 Laporkan
    saya pria 27tahun gol darah B+..bagi yg butuh donor ginjal saya bersedi mendonorkan..hub saay 089668713799..serius
  • Romi Uchiha-Jumat, 18 Oktober 2013 Laporkan
    saya romi,, umur 20 th sehat jasmani dan rohani,,, saya berminat menjual salah satu ginjal saya,, bagi yang berminat silahkan hubungi saya di,,, 085726998471,, atau di 081902923337
  • Ujang-Rabu, 4 September 2013 Laporkan
    sy ujang umur 34 th.gol darah o.sy bermaksud untuk menjual 1 ginjal sya dengan kompensasi yang pantas.untuk yang serius membutuhkan ginjal silahkan hubungi saya di 089609873478 atau email ke ujang7980@gmail.com.terima kasih
  • Sinar Terang-Sabtu, 15 Juni 2013 Laporkan
    sy andhika 30 th gol darah AB rela donorkan ginjal hanya dengan biaya persalinan istri saya, jika berminat tolong hub 02193918576/087884617756
  • Tampilkan lainnya
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas