Selasa, 4 Agustus 2015
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Mengincar Beasiswa Pendidikan ke Perancis, Bagaimana Caranya?

Rabu, 13 Maret 2013 16:13 WIB

Mengincar Beasiswa Pendidikan ke Perancis, Bagaimana Caranya?
IST
Martha Safitri

Oleh: Martha Safitri*

TRIBUNNEWS.COM - Perancis adalah salah satu negara favorit untuk tujuan melanjutkan pendidikan tinggi. Perancis terkenal sebagai negara dengan kualitas pendidikan yang baik, bertaraf internasional namun dengan biaya pendidikan yang terjangkau. Setidaknya terdapat kurang lebih 87 Universitas Publik di Perancis dimiliki oleh Pemerintah menawarkan berbagai pilihan bidang studi dan program internasional berbahasa Inggris. Keputusan  melanjutkan pendidikan tinggi di Perancis tidak hanya terpikat oleh kualitas pendidikannya tetapi juga oleh daya tarik budaya dan bahasanya yang khas serta kualitas pariwisata Perancis yang mendunia

Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Perancis memiliki hubungan bilateral yang sangat erat dan baik dalam banyak bidang, termasuk pendidikan. Kerjasama Pemerintah Perancis dan Pemerintah Indonesia di bidang pendidikan salah satunya adalah melalui kerjasama Beasiswa Unggulan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan Nasional (Beasiswa Unggulan DIKNAS)  dengan Beasiswa Pemerintah Perancis (Bourse du Governement Francaise/BGF).

Beasiswa Unggulan Luar Negeri yang diberikan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kemendiknas merupakan salah satu bentuk komitmen dari Pemerintah Indonesia atas alokasi dana pendidikan sebesar 20 persen dari APBN untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan mendukung potensi akademisi Indonesia. Beasiswa ini salah satunya  diperuntukan untuk semua calon pelajar jenjang S1, S2 dan S3 berbagai bidang studi di berbagai universitas di Luar Negeri tanpa perlu berstatus pegawai negeri sipil ataupun tenaga pengajar atau dosen di perguruan tinggi.

Sejak tahun 2012, Beasiswa Unggulan DIKNAS bekerjasama dengan Beasiswa Pemerintah Perancis-BGF untuk memberikan dukungan pendanaan calon pelajar Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai universitas di Perancis. Tujuan utama dari kerjasama ini adalah untuk meningkatkan kerjasama bilateral antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Perancis, serta memerikan peluang yang lebih besar kepada calon pelajar Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan tinggi di Perancis.

Skema kerjasama antara Beasiswa Unggulan DIKNAS dan BGF sangatlah menguntungkan bagi calon pelajar Indonesia yang akan menempuh pendidikan tinggi di Perancis karena mendapatkan dua bentuk fasilitas beasiswa. Bantuan biaya hidup yang diberikan oleh Beasiswa Unggulan DIKNAS disesuaikan besarannya dengan standar hidup di kota-kota yang dituju di seluruh Perancis yaitu sebesar 630 Euro/bulan (jenjang S1), 670 -830 Euro/bulan (jenjang S2) dan 870-970 Euro/bulan (jenjang S3). Selain itu,  dengan memegang status sebagai penerima beasiswa BGF, berbagai fasilitas dan bantuan (subsidi) dari Pemerintah Perancis dapat diperoleh, contohnya: biaya pendidikan (tuition fee), asuransi kesehatan, biaya pengurusan visa dan asuransi perjalan hingga fasilitas untuk mengikuti  kegiatan-kegiatan budaya dan wisata yang diselenggarakan oleh Campus France Paris.

Kesempatan untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan DIKNAS-BGF terbuka sepanjang tahun dengan mengirimkan berkas permohonan langsung ke sekretariat Beasiswa Unggulan. Syarat-syarat yang harus dipenuhi adalah mendapat surat penerimaan resmi dari universitas di Perancis, memiliki nilai akademik yang baik, memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEFL minimal 500, serta untuk rencana perkuliahan dengan Bahasa Perancis harus memiliki kemampuan Bahasa Perancis minimal DELF B2.

Halaman123
Editor: Widiyabuana Slay
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas