Selasa, 27 Januari 2015
Tribunners

Tribunners / Citizen Journalism

Antara Koalisi Demokrat, Gerindra dan “Prabowo Effect”

Minggu, 13 April 2014 00:01 WIB

Antara Koalisi Demokrat, Gerindra dan “Prabowo Effect”
ist
Prabowo dan SBY 

Oleh: Alex Palit

Menurut pengamat politik dari kalangan masyarakat awam yang tidak mau disebutkan namanya, menyebutkan sebagai salah satu alternatif alangkah baiknya jika Partai Demokrat memilih menjalin koalisi dengan Partai Gerindra.

Hal ini dimaksudkan agar di pilpres nanti partai pimpinan SBY ini tidak terpuruk untuk keduakalinya di Pemilu 2014. Pasalnya kalau kedua partai ini menjalin koalisi akan saling mendapat keuntungan secara politis. Ketimbang Partai Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain, selain Partai Gerindra.

Dengan mengacu pada pada box tulisan di Harian Kompas (10/4) mengenai sebaran perpindahan suara pemilih Partai Demokrat (2009) ke partai lain (2014), dengan menyebutkan bahwa presentase tertinggi perpindahan suara pemilih Partai Demokrat ke partai lain paling banyak lari alias eksodus ke Partai Gerindra, mencapai 21.3%.

Bisa jadi hal ini dikarenakan banyak kader Partai Demokrat yang masih mendambakan kepemimpinan berlatar militer, SBY – Prabowo sama-sama berlatar militer, atau lantaran kesamaan ideologis, atau justru malah karena “Prabowo Effect”, dimana di sini sosok dan figurisasi Prabowo dianggap merepresentasikan antitesa kepemimpinan SBY.

Lebih lanjut dikatakan oleh pengamat politik tersebut, Prabowo bukan hanya merupakan antitesa kepemimpinan SBY, juga merupakan antitesa kepemimpinan era Orde Reformasi.

Di tengah terjadinya krisis kepemimpinan dan krisis multidimensional lainnya saat ini rakyat Indonesia membutuhkan sosok pemimpin yang tegas dan mimiliki komitmen memerangi korupsi. Dan itu ada dalam diri Prabowo, katanya.

Halaman12
Editor: Toni Bramantoro
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas