Blog Tribunners

Bahaya Konsumsi Minuman Vitamin C Dosis Tinggi

Mungkin belum banyak orang tahu benar tentang dosis maksimal manusia mengkonsumsi vitamin c per harinya

VITAMIN C merupakan salah satu vitamin yang paling digemari dan paling banyak beredar di pasaran. Bila kondisi tubuh kita sedang tidak fit, terkena gejala flu, kita pasti mengkonsumsi vitamin ini karena dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

Berbagai jenis produk vitamin C tersedia di pasaran, mulai dari dosis rendah hingga dosis tinggi. Bentuknya pun beragam dari minuman, tablet hingga serum vitamin C.

Seperti yang sedang marak sekarang ini adalah produk minuman bevitamin c dosis tinggi 1000mg.

Mungkin belum banyak orang tahu benar tentang dosis maksimal manusia mengkonsumsi vitamin c per harinya, dan mungkin masih banyak yang mengkonsums minuman vit c berdosis 1000mg ini tanpa tahu benar dosisnya.

Dosis harian vitamin C orang dewasa berkisar antara 75-90mg saja. Bukan 1000mg seperti yang iklan-iklan bilang.

Kebutuhan ini dapat dipenuhi dengan konsumsi buah-buahan dan sayur mayur yang dikonsumsi sehari-hari. Bahkan 1 buah kiwi dapat mencukupi kebutuhan vitamin C kita dalam 1 hari.

Penggunaan vitamin C dengan dosis berlebihan dalam waktu yang lama tidak dibenarkan dan tidak bijaksana. Penggunaan vitamin C dosis tinggi dalam waktu yang lama dapat mengakibatkan : Terganggunya penyerapan vitamin B12 (padahal vitamin B12 sangat dibutuhkan dalam menormalkan fungsi saraf otak dan berperan dalam produksi sel-sel darah merah).

Sering menyebabkan kelebihan produksi asam lambung yang dapat mencetuskan diare, penyakit gastritis, dan perforasi (iritasi) dinding lambung. Menimbulkan urikosuria (suatu peningkatan kadar asam urat dalam air kemih) yang dapat memicu terbentuknya batu oksalat dalam ginjal (batu ginjal).

Pada konsumsi vitamin C dengan dosis di atas 2.000 mg sehari kabarnya dapat mengakibatkan kerusakan jaringan otak.

Jadi konsumsi suplemen atau minuman yang mengandung vitamin c boleh bahkan mungkin baik kalau memang yang dikonsumsi sesuai batas dosis maksimal manusia mengkonsumsi vitamin c per harinya.

Intinya kalau memang akan mengkonsumsi suplemen, serum, minuman yang mengandung vitamin c kita juga harus perhatikan dosisnya apakah memang itu sudah sesuai dosis atau tidak, karena walaupun kelihatannya sepele dan memang tidak banyak orang yang tahu, jika terus dikonsumsi setiap hari akan sangat berbahaya untuk kesehatan bahkan menyebabkan kematian, maka bijak lah dan teliti dalam memilih suatu produk agar tidak malah merugikan untuk diri kita sendiri.

Ditulis oleh Rizal Hermana Adi

Penulis: Rizal Hermana Adi
Editor: Yulis Sulistyawan
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help