Blog Tribunners

Keunggulan Obat Herbal Mengobati Penyakit Mematikan

Obat herbal dan obat kimia memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda. Masing-masing jenis obat pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangan masing

TRIBUNNERS - Herbal adalah tumbuhan yang memiliki manfaat dalam pengobatan. Semua jenis tumbuhan dapat dikatakan herbal apabila tumbuhan tersebut memiliki bahan atau zat aktif yang berguna bagi pengobatan dan kesehatan.

Obat herbal merupakan obat yang bersifat alami atau organik, seperti saripati tumbuhan atau hewan yang mempunyai manfaat untuk kesehatan, sehingga dalam perkembangannya obat-obatan herbal dijadikan sebagai pengobatan alternatif.

Obat herbal yang berasal dari tumbuhan (nabati) misalnya jahe, kunyit, bawang putih, kurma, dan lain-lain.

Sedangkan obat herbal yang berasal dari hewan misalnya teripang, madu, propolis, dan lain-lain.

Selain obat herbal, ada juga obat kimia, yaitu obat yang berasal dari bahan-bahan yang mengalami proses kimia terlebih dahulu.

Namun, penggunaan obat kimia secara tidak teratur seringkali memberikan efek samping yang bersifat negatif bagi penggunanya.

Obat herbal dan obat kimia memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda. Masing-masing jenis obat pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat tentunya diikuti oleh perkembangan dunia kedokteran dengan kemajuannya pula. Banyak riset atau penelitian yang berkaitan dengan obat-obatan.

Riset tersebut membenarkan anggapan bahwa alam secara alamiah telah menyediakan tumbuh-tumbuhan sebagai obat yang manjur untuk segala penyakit.

Namun pada umumnya, masyarakat hanya mengetahui obat kimia dapat menyembuhkan penyakit secara langsung, sedangkan obat herbal hanya sebagai alternatif jika obat kimia tidak bisa menyembuhkan penyakit tersebut.

Akibat kekurangan pengetahuan akan obat herbal inilah, masyarakat masih tersugesti bahwa obat kimia lebih efektif daripada obat herbal.

Obat kimia akan baik jika digunakan sesuai aturan dengan dosis yang tepat. Demikian juga obat herbal, sebenarnya lebih efektif menyembuhkan berbagai macam penyakit namun membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar.

Padahal obat herbal yang dikelola dengan bahan yang bermutu dan baik tanpa dicampur bahan kimia, tidak akan menimbulkan efek samping, walaupun seseorang harus menggunakannya selama seumur hidup.

Berikut ini adalah beberapa keutamaan obat herbal daripada obat kimia :

Obat herbal tidak menimbulkan efek samping

Seperti yang kita ketahui, obat herbal adalah obat yang dibuat dari tumbuh-tumbuhan alami dan kompleks. Dengan kata lain, obat herbal dapat dianggap sebagai makanan, yang berarti bahan yang dikonsumsi digunakan untuk memperbaiki sel, jaringan, atau organ yang rusak.

Komposisi atau dosis yang digunakan obat herbal adalah dosis tradisional dan sedikit dikurangkan.

Obat herbal sangat efektif untuk penyakit yang sulit diobati secara medis.

Obat herbal bersifat kuratif artinya benar-benar menyembuhkan karena pengobatannya pada sumber penyebab penyakit.

Berdasarkan beberapa riset yang pernah dilakukanoleh para ahli, obat herbal sangat cocok untuk gangguan kesehatan terutama penyakit kronik dan degeneratif seperti hipertensi, kencing manis, rematik, asma, penyebaran sel-sel kanker, tumor, dan lain-lain.

Obat herbal harganya lebih terjangkau dan mudah dibuat

Karena obat herbal merupakan obat yang berasal dari alam itu sendiri, sehingga harganya pun cendrung lebih murah daripada obat kimia.

Selain itu obat herbal juga mudah sekali dibuat, karena dalam pembuatannya obat herbal tidak perlu menggunakan alat dan teknologi yang canggih.

Biasanya obat herbal diolah dengan cara direbus, ditumbuk, atau dicampur dengan sesama bahan herbal dengan komposisi tertentu.

Obat herbal dapat menghilangkan sumber penyakit

Obat herbal menyembuhkan penyakit secara menyeluruh (holistic). Selain menyembuhkan gejalanya, obat herbal juga menyembuhkan sumber penyakitnya. Obat herbal juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sebagai cara untuk melawan penyakit.

Obat herbal adalah obat multi khasiat

Obat herbal tidak hanya dapat menyembuhkan satu penyakit, tetapi satu tumbuhan bisa menyembuhkan banyak penyakit, seperti teh, daun murbei, madu atau jus kulit manggis dapat menyembuhkan asam urat, migrain, diabetes, hepatitis, bahkan kanker.

Obat herbal tidak beracun

Pemakaian obat kimia dalam jangka waktu yang lama dapat merubah obat itu sendiri menjadi racun dalam tubuh kita.

Sehingga dalam pemakaian obat kimia harus dalam bimbingan dan petunjuk dokter dan tidak boleh digunakan secara sembarangan.

Sebaliknya obat herbal bersifat bebas racun. Dengan pemakaian yang tepat obat herbal aman dikonsumsi oleh siapa pun. Bahkan, obat herbal dapat dijadikan sebagai peluruh racun (detoks) di dalam tubuh.

Obat herbal dapat digunakan untuk diet terhadap makanan tertentu

Selain digunakan untuk mengobati penyakit, obat herbal juga dapat digunakan untuk diet sehat terhadap makanan tertentu.

Seperti yang kita ketahui, obat herbal bekerja langsung pada sumbernya dengan memperbaiki keseluruhan sistem tubuh yakni dengan memperbaiki sel-sel, jaringan, dan organ-organ tubuh yang rusak.

Tak heran, bila dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama untuk merasakan efek obat herbal dibandingkan jika kita menggunakan obat kimia.

Meskipun demikian, keunggulan obat tradisional adalah efek sampingnya yang relatif lebih kecil bahkan ada yang tidak memiliki efek samping sama sekali jika digunakan secara tepat.

Alasan utamanya adalah dikarenakan sifat bahan obat tradisional yang alami sehingga dapat dicerna oleh tubuh. Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan obat tradisional, ada baiknya Anda mengenal bentuk-bentuk sajian obat tradisional terlebih dahulu. Selamat Mencoba !

Penulis: antika yolanza
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help