Blog Tribunners

Pemuda Desa Dirikan Kampung Pendidikan Sungai Panco

Berawal dari niat baik untuk mengabdikan didunia pendidikan, pemuda dan masyarakat Muara Panco, Provinsi Jambi, lahirkan Kawasan Kampung Pendidikan S

Pemuda Desa Dirikan Kampung Pendidikan Sungai Panco
Istimewa
Salah satu lembaga pendidikan di Kawasan Kampung Pendidikan

TRIBUNNERS - Berawal dari niat baik untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan, pemuda dan masyarakat Muara Panco, Provinsi Jambi, mendirikan Kawasan Kampung Pendidikan Sungai Panco.

Konsep awal kampung ini disusun oleh beberapa pemuda desa yaitu, Mohd Khalid, Zawil Kirom, Halib Mawardi, Maulana Ikbar, A Rahman, Rini Lestari, Ahmad Tarmizi, dan Muhammad.

Memiliki formula pendidikan yang khas dengan mengkombinasikan unsur kampung dengan pendidikan secara terpadu.

Sistem ini memungkinkan terbentuknya kampung yang berbasiskan pendidikan, baik pendididkan umum dan agama dengan tetap dilandasi oleh spiritual yang memadai.

Materi yang diberikan adalah formal dan non formal, seperti komputer, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan sebagainya.

Kampung Pendidikan Sungai Panco, juga memberikan pendidikan entrepreneurship kepada murid-muridnya, dan media untuk mempraktikannya yaitu melalui komunitas kewirausahaan di bidang, perikanan, dan peternakan.

Pembentukan kampung ini harus melalui proses yang berliku, namun karena kegigihan para pendirinya, akhirnya perlahan kampung mulai berdiri.

Tepat pada tanggal 3 maret 2012 difasilitasi oleh pemerintahan desa diadakan acara pencanangan Kampong Pendidikan.

Pada saat itulah mulai masyarakat mengenal kawasan ini sebagai Kampung Pendidikan Sungai Panco.

Selengkapnya

Penulis: Alip Vancho
Editor: Samuel Febrianto
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help