Tribunners / Citizen Journalism

Kepala Staf TNI AL Resmikan Kodiklatal, Aspotmar dan Kadisopslatal

Kodiklatal sebagai Komando Utama Pembinaan dipimpin oleh Dankodiklatal yang berkedudukan langsung di bawah Kepala Staf TNI Angkatan Laut.

Kepala Staf TNI AL Resmikan Kodiklatal, Aspotmar dan Kadisopslatal
Dispenal

TRIBUNNERS - Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Kobangdikal) secara resmi berubah menjadi Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal).

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E.,M.A.P. selaku Inspektur Upacara (Irup) memimpin upacara peresmian Kodiklatal, Jumat (9/9) di Surabaya.

Peresmian Kodiklatal merupakan realisasi dari validasi organisasi TNI Angkatan Laut yang telah disetujui presiden berdasarkan  Perpres Nomor 62 Tahun 2016 tentang perubahan atas Perpres Nomor 10 Tahun 2010 tentang Susunan Organisasi Tentara Nasional Indonesia.

Kodiklatal sebagai Komando Utama Pembinaan dipimpin oleh Dankodiklatal yang berkedudukan langsung di bawah Kepala  Staf TNI Angkatan Laut.

Kodiklatal memiliki peran penting dalam pembinaan doktrin dan organisasi, serta pembinaan pendidikan dan latihan.

Validasi yang dilaksanakan mencakup restrukturisasi organisasi pada unsur pembantu pimpinan dan direktorat, serta peningkatan status kepangkatan guna mendorong peningkatan kinerja organisasi.

Pada peresmian Kodiklatal yang dilaksanakan dalam sebuah upacara militer, Kasal bertindak sebagai Inspektur Upacara dan dalam amanatnya menyampaikan, bahwa penyempurnaan organisasi merupakan sebuah kebutuhan dalam mendukung pencapaian tugas-tugas TNI Angkatan Laut.

Perkembangan lingkungan strategis menyebabkan tantangan tugas tersebut semakin kompleks dan menuntut peningkatan kapasitas khususnya pada aspek sumber daya manusia.

Hal ini sejalan dengan sasaran dan program prioritas TNIAngkatan Laut untuk mewujudkan peningkatan profesionalisme prajurit matra laut.

Upaya tersebut dapatdicapai melalui pembinaan personel secara menyeluruh dan berkesinambungan yang salah satu wadahnya adalah lembaga pendidikan dan latihan.

Sementara itu pada hari yang sama Kasal juga meresmikan Staf Potensi Maritim (Spotmar) danDinas Operasi Dan Latihan TNI Angkatan Laut (Disopslatal), serta Pengukuhan Aspotmar dan Kadisopslatal, yang dilaksanakan di Gedung Mulyadi, Kobangdikal, Bumimoro, Surabaya.

Dalam upacara peresmian tersebut, Kasal mengukuhkan Laksamana Muda TNI Tri Wahyudi Sukarno, S.E., M.M., menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan Dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal), Mayor Jenderal TNI (Mar) Tommy Basari Natanegara, S.E. Selaku Aspotmar,dan Laksamana Pertama TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., Selaku Kadisopslatal.

Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved