Blog Tribunners

Fakta Unik di Balik Dua Jenis Asuransi Mobil

Anda sebagai calon atau pengguna asuransi harus mengetahui ini demi memutuskan mana asuransi mobil yang paling baik dan cocok dengan Anda.

Fakta Unik di Balik Dua Jenis Asuransi Mobil
ISTIMEWA
TRIBUNNERS - Dalam dunia asuransi mobil, ada yang namanya asuransi All Risk dan asuransi TLO.
 
Perbedaan kedua jenis asuransi tersebut cukup simple, yaitu terletak pada cakupan jaminan yang dimilikinya.
 
Asuransi All Risk, seperti namanya yang berarti “segala resiko” adalah asuransi yang memberikan jaminan pada segala resiko yang terjadi pada mobil, dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.
 
Sedangkan asuransi TLO yang merupakan singkatan dari Total Loss Only hanya akan memberikan jaminan untuk mobil yang hilang dan benar-benar rusak total atau sudah tidak bisa digunakan lagi dengan tingkat kerusakan di atas 75%.
 
Namun, jika diperhatikan lebih jauh, perbedaan kedua asuransi tersebut tidak hanya sebatas itu. Anda sebagai calon atau pengguna asuransi harus mengetahui ini demi memutuskan mana asuransi mobil yang paling baik dan cocok dengan Anda.
 
Kebanyakan orang memilih asuransi All Risk untuk memberikan perlindungan pada mobilnya.
 
Hal ini dikarenakan asuransi All Risk memang memiliki cakupan pelayanan yang luas dimana Anda tidak perlu khawatir lagi akan bahaya yang mengancam pada mobil Anda suatu saat nanti.
 
Segala jenis resiko kecelakaan dan pencurian bisa tercover dengan menggunakan asuransi ini, meskipun ada beberapa resiko yang tidak bisa ditanggung berdasarkan ketentuan-ketentuan umum asuransi: yaitu resiko yang Anda sebabkan sendiri (Own Risk) yang terkesan sengaja.
 
Selain itu, ada juga beberapa jenis resiko yang sebenarnya juga tidak bisa ditanggung oleh asuransi All Risk ini seperti resiko akibat banjir dan huru-hara jika Anda tidak menggunakan perluasan asuransi. Menggunakan asuransi All Risk ditambah dengan perluasan asuransinya memang memiliki perlindungan yang sangat ekstra dan bisa Anda andalkan dalam menjamin keamanan mobil Anda. Jadi, jangan heran jika harganya menjadi sedikit lebih mahal.
 
Untuk Anda yang menginginkan harga yang lebih murah, Anda bisa menggunakan asuransi TLO. Walaupun cakupan perlindungan asuransinya tidak seluas asuransi mobil All Risk, bukan berarti asuransi TLO tidak bisa memberikan perlindungan terbaik untuk mobil Anda.
 
Asuransi TLO bisa menghindarkan Anda dari kerugian besar nantinya jika mobil Anda harus rusak total atau hilang. Dengan adanya asuransi mobil TLO, Anda tidak perlu khawatir lagi akan resiko-resiko semacam itu.
 
Walaupun tidak bisa memberikan jaminan untuk kerusakan mobil (yang tidak di atas 75%), tapi setidaknya Anda tetap bisa terhindarkan dari kerugian besar seperti kehilangan mobil Anda. 
 
Setelah mengetahui penjelasan diatas, asuransi mana yang Anda pilih untuk memberikan perlindugan pada mobil Anda? 
 
Jika Anda ingin memiliki perlindungan yang total dan tidak ingin mengalami kerugian atas suatu resiko apapun yang terjadi pada mobil Anda, gunakanlah asuransi All Risk.
 
Namun jika Anda merasa masih sanggup untuk menjaga mobil Anda dengan baik dan menanggung biaya perbaikan mobil sendiri, Anda bisa menggunakan asuransi TLO yang harganya lebih murah. Biasanya, asuransi TLO ini cocok untuk mobil yang usianya lebih tua, yang memang sayang jika menggunakan asuransi All Risk.
Penulis: Iqbal Azwa
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help