Blog Tribunners

5 Makanan Khas Jember yang Sayang untuk Dilewatkan

Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jember yang harus anda ketahui:

5 Makanan Khas Jember yang Sayang untuk Dilewatkan
sajian sedap
Ilustrasi 

TRIBUNNERS - Jember merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Timur. Jember ini berbatasan dengan Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso di utara, Kabupaten Banyuwangi di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Kabupaten Lumajang di sebelah barat.

Memang kota Jember memiliki makanan khas yang beraneka ragam, diantaranya pecel gudeg, pecel pincuk dan masih banyak lagi tentunya. Berikut ini adalah beberapa makanan khas Jember yang harus anda ketahui :

Pecel Gudeg Khas Jember

Pecel Gudeg Khas Jember ini adalah perpaduan nasi gudeg campur pecel terdiri atas nasi, gudeg dan ceceknya, sepotong daging ayam (bisa daging paha atau dada ayam), pecel (bersayur kacang panjang dan kecambah), rempeyek (yang disajikan tidak utuh besar), dan yang pasti sambal. Sesuai dengan namanya, Dalam penyajian makanan ini harus dicampur agar paduan rasa campuran pecel dan gudegnya bisa lebih terasa

Pecel Pincuk Garahan

Pecel Pincuk Garahan ini di sajikan menggunakan daun pisang yang di pincuk sebagai wadah. Tang menjadikan khasnya makanan ini yairu sasa pedasnya sambael kacangnya yang membuat lidah bergetar, meskipun terkenal pedasnya namun sambalnya masih terasa. Krena bumbu pecel digerus menggunakan cobek batu atau tanah liat yang hasil gerusannya tidak sehalus menggunakan mesin. Rasa asam pedas manis begitu terasa pas di lidah karena kacang sambalnya kasar. Makanan ini biasanya disajikan dengan rebusan sayur gundo, tauge, dan kacang panjang yang direbus tidak terlalu lembek.

Suwar-suwir

Halaman
12
Penulis: Sofyan Sauri
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help