Tribunners / Citizen Journalism

Dukung Pemprov DKI, Asiana Group Bangun Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Selatan

“Selain berfungsi menyeimbangkan udara kota, ruang terbuka hijau juga menjadi area publik yang semakin dibutuhkan sebagai sentra interaksi."

Dukung Pemprov DKI, Asiana Group Bangun Ruang Terbuka Hijau di Jakarta Selatan
Istimewa
Yori Antar, Arsitek yang dipercaya Asiana Group untuk merancang RTH TBS Park sedang memberikan penjelasan kepada Gubernur DKI Jakarta, Bpk. Basuki Tjahaja Purnama yang berkesempatan hadir mengunjungi lokasi RTH TBS Park dengan disaksikan juga oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Selatan, Bpk. Tri Kurniadi; Loemongga Haoemasan, President Direktur Asiana Group; dan Toto Sugito, Founder Komunitas Bike to Work. 

TRIBUNNERS - Memahami pentingnya kehadiran ruang terbuka hijau (RTH) di lingkungan perkotaan, perusahaan pengembang properti terkemuka, Asiana Group, hari ini mengadakan syukuran atas terwujudnya rencana pembangunan RTH TBS Park seluas satu hektar di kawasan Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan.

Inisiasi kepedulian ini juga sebagai bentuk dukungan perusahaan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pemenuhan target ruang terbuka hijau di DKI Jakarta sebesar 30 persen dari keseluruhan luas wilayah Ibukota.

Turut dihadiri pengurus Musyawarah Pengurus Kecamatan (Muspika) Pasar Minggu, Lurah Jati Padang, perwakilan masyarakat setempat, perwakilan komunitas dan juga Yori Antar, Arsitek Nusantara yang dipercaya untuk mendesain RTH TBS Park.

“Selain berfungsi menyeimbangkan udara kota, ruang terbuka hijau juga menjadi area publik yang semakin dibutuhkan sebagai sentra interaksi sesama warga. Karenanya, terinspirasi komitmen pemerintah DKI Jakarta dalam penyediaan RTH bagi warganya, Asiana Group akan membangun RTH TBS Park untuk mendukung pemenuhan kebutuhan ruang terbuka warga DKI Jakarta. Ini juga menjadi inisiasi kepedulian kami kepada masyarakat, khususnya di wilayah Jakarta Selatan,” jelas Loemongga Haoemasan, Presiden Direktur Asiana Group.

Penyediaan RTH juga selaras dengan tiga prinsip utama Asiana Group - yakni Location, Quality and Relationship, dalam memberikan layanan permukiman yang mengedepankan kenyamanan para penghuninya. Lokasi RTH TBS Park juga berdampingan dengan area pembangunan proyek properti terbaru Asiana Group, yakni TBS Tower.

Berdasarkan data Dinas Pertamanan dan Pemakaman DKI Jakarta, jumlah RTH di DKI Jakarta mencapai 3.131 - berupa taman kota, taman lingkungan, taman interaktif dan juga jalur hijau jalan.

DKI Jakarta, khususnya Jakarta Selatan, masih membutuhkan sekitar 20% lagi untuk mencapai target RTH sesuai peraturan pemerintah. Hingga akhir 2016, Jakarta Selatan telah memiliki 780 RTH, atau peringkat kedua terbanyak setelah Jakarta Pusat (913 RTH). Kerjasama pihak swasta dan pemerintah provinsi untuk membangun DKI Jakarta yang asri, sangat dibutuhkan.

Bekerja sama dengan arsitek ternama, Yori Antar - juga menjadi perancang RTH Kalijodo, RTH TBS Park akan menghadirkan area Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) yang menonjolkan keberagaman fasilitas.

Menyasar berbagai komunitas penggemar olah raga ketangkasan, selain bike park dan skate park, RTH TBS juga akan diperkaya sarana climbing wall dan tempat pertunjukan semi terbuka bagi para pencinta seni.

Skate park dan bike park RTH TBS Park rencananya berukuran 1.535 meter persegi.  Tak ketinggalan, beberapa zona duduk untuk beristirahat dan berkumpul – termasuk dek di antara pepohonan untuk memandang area RTH dari ketinggian, serta ruang laktasi dan surau akan dibangun.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help