Blog Tribunners

Segudang Manfaat Vitamin C bagi Tubuh

Mengonsumsi jeruk sangat baik bagi tubuh sesuai dengan porsi yang secukupnya.

Segudang Manfaat Vitamin C bagi Tubuh
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Pengunjung memilih buah jeruk lokal di Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (26/6).

TRIBUNNERS -Mengonsumsi jeruk sangat baik bagi tubuh sesuai dengan porsi yang secukupnya.

Waktu yang baik mengonsumsi jeruk juga perlu untuk diketahui dikarenakan akan dapat mempengaruhi metabolisme tubuh. Hal tersebut dikarenakan Vit C hanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah kecil sesuai dengan kebutuhan masing-masing tubuh manusia.

Jumlah Vit C yang dibutuhkan tubuh diperkirakan 45-75 mg per hari. Secara umum, manfaat Vitamin C adalah dapat menyembuhkan flu dengan cepat. Vitamin C dapat menyembuhkan sariawan, kulit kasar, gusi yang kurang sehat, yang dimana akan menyebabkan gigi muda goyah dan lepas terutama pada anak-anak.

Selain manfaat kacang kedelai yang disebutkan diatas, beberapa manfaat dari kacang kedelai yang lain adalah sebagai berikut :

1       Vitamin C dapat mengaktifkan enzim yang berkaitan dengan aktivitas sistem saraf, hormone, dan detoksifikasi obat dan racun dalam hati.

2       Vitamin C sebagai antioksidan, yaitu dengan kelarutan bekerja sebagai atioksidan dalam cairan tubuh.

3       Vitamin C dapat meningkatkan system kekebalan tubuh, merangsang pembentukan empedu dalam kantong empedu dan ekskresi steroid.

4       Vitamin C dapat meningkatkan IQ siswa, yang telah diteliti oleh dua peneliti di Universitas Texas Woman dengan siswa SMA dengan kadar Vit C dalam darahnya.

5       VitaminC dapat menjaga struktur kolagen yaitu pada jenis protein, yaitu dengan menghubungkan semua jarinann serabut, kulit, urat, bahkan patah tulang, memar dan lainnya.

6       Vitamin C  juga dapat penyerapan zat besi, mempertajam kesadaran. dapat meningkatkan pembuangan feses atau kotoran. Bahkan Vit C mampu menangkal nitrit penyebab kanker. Sebagimana penelitian di Institut Teknologi Massachusetts menemukan, pembentukan nitrosamine, yaitu (hasil akhir pencernaan bahan makanan yang mengandung nitrit) dalam tubuh sejumlah mahasiswa yang diberi vitamin C berkurang sampai 81%.

Oleh karena itu jika kamu tipe yang tidak suka mengonsumsi yang asam, lebih baik untuk mencobanya dulu dengan perlahan, dikarenakan manfaat Vit C dalam tubuh sangat diperlukan dengan cakupan yang cukup, terutama sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas pada tubuh.

Namun perlu diketahui waktu dan porsi untuk mengonsumsi makanan yang mengandung Vit C dengan tepat juga sangat penting diketahui agar tidak datap menimbulkan penyakit. Dan sumber utama Vitamin C ada pada buah-buahan terkhusu pada buah yang rasa manis, jambu, jeruk, dan sayur sayuran. Maka hal tersebut dapat dianjurkan untuk mengonsumsi buah dan sayuran segar.

 

Penulis: janni apninanikmah
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com © 2018
About Us
Help