Blog Tribunners

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Lambung Bocor

Pernahkah anda merasakan sakit perut yang luar biasa dan tak kunjung mereda

Penyebab dan Cara Menyembuhkan Lambung Bocor
ist
Ilustrasi

TRIBUNNERS - Pernahkah anda merasakan sakit perut yang luar biasa dan tak kunjung mereda? Jika anda pernah mengalaminya, kemungkinan anda menderita lambung bocor. Meskipun gangguan kesehatan ini masih terdengar asing, namun keberadaan penyakit ini tidak bisa diabaikan begitu saja.

lambung merupakan salah satu organ tubuh yang terletak di sisi kiri perut bagian atas dan termasuk ke dalam sistem pencernaan yang berfungsi untuk menerima makanan dari kerongkongan.

Untuk mengolah makanan tersebut, lambung mengeluarkan asam dan enzim yang berguna untuk mencerna makanan. Lambung akan mengaduk-aduk makanan tersebut dan mengolahnya agar bisa dicerna oleh tubuh.

Perlu anda ketahui bahwa, segala jenis sesuatu baik itu makanan atau minuman yang masuk dapat menyebabkan kebocoran pada lambung. Lambung bocor merupakan penyakit komplikasi yang sangat berbahaya.

Bagaimana tidak, penyakit lambung bocor yang biarkan begitu saja dapat menyebabkan kanker lambung serta sistem pencernaan dapat terganggu. Dalam bahasa medis, lambung bocor disebut juga Perforasi Gaster. Perforasi merupakan lubang yang berkembang melalui dinding organ tubuh, Tidak hanya pada lambung, lubang tersebut juga dapat terjadi di usus besar, kerongkongan, usus kecil dan rektum.

Penyebab Lambung Bocor

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan lambung bocor, mulai dari gangguan kesehatan hingga kondisi tubuh penderita.

Lambung bocor juga bisa disebabkan oleh trauma benda tumpul pada perut, menjalani operasi perut, menelan benda asing atau zat kaustik. Berikut ini beberapa penyebab lambung bocor diantaranya:

  • Penyakit Crohn

Penyakit crohn atau radang usus merupakan kondisi berkelanjutan yang mana peradangan tersebut mampu menyebar pada seluruh lapisan sistem pencernaan termasuk lambung. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini seperti diare, sakit perut, kelelahan dan buang air besar disertai darah.

  • Kanker Lambung

Salah satu kanker yang sering terjadi adalah kanker lambung. Penyebab kanker lambung belum diketahui secara pasti, namun beberapa orang percaya bahwa kanker lambung disebabkan oleh infeksi bakteri yang juga dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan.

Halaman
12
Penulis: rinda septiani
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help