Blog Tribunners

Cara Mengobati Asam Lambung Naik ke Kerongkongan

Sebenarnya asam lambung memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan karena asam lambung dapat membantu proses penguraian makanan dalam lambung...

Cara Mengobati Asam Lambung Naik ke Kerongkongan
Thinkstockphotos
Ilustrasi. 
TRIBUNNERS - Salah satu kasus yang sering terjadi di masyarakat adalah meningkatnya asam lambung berlebih sehingga dapat memicu naiknya asam lambung ke arah kerongkongan. Kondisi seperti ini menyebabkan aktivitas seseorang menjadi terganggu.
Sebenarnya asam lambung memiliki peranan penting dalam sistem pencernaan karena asam lambung dapat membantu proses penguraian makanan dalam lambung agar mudah di serap oleh tubuh.
Namun apabila asam lambung tersebut diproduksi secara berlebih, maka tidak menutup kemungkinan asam lambung berlebih naik ke arah kerongkongan yang menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan. Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah GERD (Gastro Esophageal Reflux Disesase).
Penyebab dari GERD adalah sistem pertahanan normal kerongkongan yang sudah tidak kuat menahan asam lambung berlebih, isi lambung terlalu mengandung asam, serta kerongkongan tidak bekerja baik dalam melewatkan makanan.
Saat asam lambung berlebih naik mengarah ke kerongkongan akan menimbulkan rasa panas terbakar di dada. Tidak hanya itu, asam lambumg juga menyebabkan beberapa beberapa penyakit komplikasi seperti peradangan terhadap esofagus (esophagitis), peradangan kerongkongan,  penyempitan pneumonia, serta membentuk jaringan ikat di esofagus hingga terjadi kanker kerongkongan.
Gejala-gejala yang sering muncul ketika naiknya asam lambung diantaranya :
 - Munculnya rasa panas dan terbakar pada bagian dada
- Perut sering merasakan nyeri dan perih
- Perut terasa ingin mual dan muntah
- Mengalami Perut Kembung
- Mulut terasa pahit
- Sering bersendawa
- Sakit terhadap tenggorokan sehingga sulit untuk menelan makanan
- Laringitis ialah suatu bentuk peradangan yang muncul pada bagian laring atau pita suara
- Bau Mulut
- Produksi air liur menjadi berlebih
Cara Meredakan Asam Lambung Naik dengan Ramuan Alami
  • Menggunakan Jahe
Jahe merupakan bumbu rempah yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita termasuk menjaga dan memelihara organ lambung. Jahe dapat membantu proses pengosongan isi lambung sehingga dapat mengurangi gejala refluks asam lambung. Mengkonsumsi sekitar 1-2 gram baik itu jahe bubuk maupun jahe mentah dikonsumsi 1 jam sebelum makan dapat mengurangi resiko dari naiknya asam lambung berlebih ke kerongkongan.
  • Permen Karet
Mengkonsumsi permen karet bebas gula dapat membantu dalam produksi air liur berlebih. Air liur yang diproduksi oleh adanya permen karet bersifat basa sehingga dapat membantu menetralkan asam lambung. Pemilihan permen karet juga tentunya sangat perlu diperhatikan. Hindari pemilihan permen karet rasa mint dan mengandung banyak gula karena dapat memicu refluks asam lambung. Pilihlah pernen karet bebas gula dan kunyah selama 1/2 jam sebelum makan.
  • Baking Soda
Baking soda berfungsi dalam membantu melancarkan sistem pencernaan dan menetralkan asam lambung. Mengkonsumsi 1 sdt baking soda yang dilarutkan dalam segelas air dapat membantu menstabilkan kadar asam di dalam lambung. Lakukan hingga 4 x sehari pada 1-2 jam sesudah makan.
  • Teh chamomile
Tanaman chamomile sudah tidak asing lagi untuk mendengar sejuta manfaatnya. Tanaman chamomile mengandung senyawa antiinflamasi yang berguna untuk menghindari adanya peradangan akibat pengikisan asam lambung berlebih terhadap mukosa lambung. Kondisi seperti ini dapat membuat lambung bertahan dari jahatnya asam lambung. Mengkonsumsi tanaman chamomile seperti dibuat teh chamomile dapat menghindari resiko refluks asam lambung.

Selengkapnya

Penulis: herawati27
Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help