Tribunners / Citizen Journalism

Ini Pentingnya Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Selama satu bulan penuh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Menahan lapar dan haus dari sebelum terbitnya matahari hingga terbenam.

Ini Pentingnya Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka Puasa
Istimewa
Dalam sebuah acara berbuka puasa bersama rekan media, Greenfields mengajak masyarakat untuk tetap fit selama bulan Ramadhan dengan tetap berolahraga serta mengkonsumsi susu segar saat sahur dan saat berbuka puasa. 

TRIBUNNERS – Selama satu bulan penuh umat muslim menjalankan ibadah puasa. Menahan lapar dan haus dari sebelum terbitnya matahari hingga terbenam.

Selama berpuasa, terjadi perubahan kebiasaan yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dan performa seperti perubahan kebiasaan waktu makan, jam istirahat, jam aktivitas, porsi makan yang tidak teratur, kurang olahraga, sampai dengan pemilihan sumber makanan yang kurang tepat.

Dalam sebuah acara berbuka puasa bersama rekan media, Greenfields mengajak masyarakat untuk tetap fit selama bulan Ramadhan dengan tetap berolahraga serta mengkonsumsi susu segar saat sahur dan saat berbuka puasa.

Acara tersebut dihadiri oleh Dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO, dokter Spesialis Kedokteran Olahraga; Syahbanta Sembiring, Country Head Sales & Marketing PT. AustAsia Food dan Heru Prabowo, Head of Dairy Farm, PT. Greenfields Indonesia.

“Selama menjalankan ibadah puasa, tubuh membutuhkan nutrisi yang baik dan lengkap agar tetap fit. Mengkonsumsi segelas susu saat sahur dapat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama berkat kandungan protein. Selain menyumbang asupan cairan tubuh, susu juga mengandung kalsium dan sejumlah vitamin yang diperlukan tubuh, serta membantu memperkuat daya tahan tubuh selama berpuasa,” jelas Dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO, dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.

“Susu segar Greenfields adalah susu dengan kualitas dan kesegaran yang terjamin dengan 100% nutrisi dan kandungan alami tanpa fortifikasi maupun pengawet, dapat membantu memenuhi asupan gizi sehingga badan tetap fit selama bulan puasa,” ujar Syahbanta Sembiring, Country Head Sales & Marketing PT. AustAsia Food.

Selain menjaga asupan nutrisi, olahraga yang tepat juga dapat membantu membuat tubuh lebih fit. Kondisi badan yang lemah karena tidak makan dan minum selama berpuasa adalah salah satu alasan orang enggan untuk berolahraga.

“Olahraga berfungsi untuk membantu sirkulasi oksigen dalam tubuh dan melancarkan metabolisme sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga selama berpuasa. Karena itu, meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, kita sebaiknya tetap berolahraga karena dapat membantu membuat tubuh menjadi tetap fit. Waktu yang tepat untuk melakukan olahraga di bulan puasa adalah pada sore hari yang dapat menjadi kegiatan ngabuburit yang bermanfaat. Berolahraga ringan seperti stretching, senam aerobik atau kalistenik ringan, jalan santai atau jogging ringan dapat dilakukan selama 30-60 menit menjelang berbuka puasa dengan intensitas olahraga tidak berat, menghindari terjadinya dehidrasi,” kata Dr. Rachmad Wishnu Hidayat, Sp.KO.

 Hanya saja, untuk mendapatkan manfaat susu yang maksimal, Rachmad menyarankan untuk tak cuma minum susu saat sahur. Selama bepuasa, konsumsi susu juga dianjurkan saat berbuka puasa. Asupan susu saat berbuka memberikan manfaat yang berbeda dengan asupan saat sahur.

"Saat berbuka, susu dapat membantu mengembalikan energi tubuh," ucapnya.

"Sedangkan jika diminum malam hari akan membantu tidur lebih cepat."

Susu, dikatakan dia, memang bisa memberi efek yang menenangkan tubuh. Kandungan asam amino tryptophan di dalamnya berfungsi sebagai prekursor yang berguna untuk neurotransmitter serotonin yang bersifat menenangkan. Setelah tubuh merasa tenang, perasaan mengantuk pun muncul. 

Editor: Malvyandie Haryadi
Tribunners merupakan jurnalisme warga, dimana warga bisa mengirimkan hasil dari aktivitas jurnalistiknya ke Tribunnews, dengan mendaftar terlebih dahulu atau dikirim ke email redaksi@tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2017
About Us
Help